KE BROMO BAWA ANAK ……. SIAPA TAKUT ????

dipuncak gunung.. aku sendiri...

dipuncak gunung.. aku sendiri…

Gunung Bromo ….. salah satu dari sekian banyak gunung yang ada di Indonesia, memiliki pemandangan yang Subhanallah, cantiknya luar biasa. Keindahannya bahkan sudah sampai kemanca negara, hingga gunung ini tidak pernah sepi dari wisatawan asing yang berasal dari berbagai belahan bumi. Salah satu moment yang dikejar oleh pengunjung dilokasi ini adalah menjadi saksi Sun Rise karena memang pemandangannya luar biasa cantik bila dilihat dari puncak gunung Bromo.

menyaksikan moment langka ini, pengunjung sebaikya berangkat mulai dari pukul 02.00 dini hari dan menunggu sampai sang surya terbit ditimur. Cuacanya pasti dingin sekali, bahkan kadang bisa mencapai nol derajat tapi jangan kuatir ada banyak pedagang siap menawarkan pengahangat tubuh, seperti secangkir kopi panas, the, dan mi instant yang bisa kita nikmati sambil menunggu sang surya muncul dari persembunyiannya. Sebaiknya pastikan kalian memakai jaket, topi, maupun syal ya supaya nggak menggigil diatas sana… nggak seru kan kalau moment indah tadi nggak bisa kita nikmati Cuma karena kita kedinginan. Waktu saya kesana sayangnya cuaca lagi mendung merayu.. jadi kami kehilangan moment indah itu. But no problem karena masih banyak keindahan lain yang bisa kita nikmati ko. The best time to visit Bromo adalah dibulan Agustus, karena dibulan itu biasanya penduduk setempat (warga suku Tengger) juga mengadakan upacara adat yang cukup menarik untuk dinikmati, dan cuacanya lebih bersahabat karena sudah jarang hujan.

Bromo yang terletak di Probolinggo, Jawa Timur menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Timur, so kalau kamu memutuskan untuk menghabiskan liburanmu di Provinsi ini, jangan sampai melewatkan keindahan Bromo ya? Untuk sampai ke TKP perjalanan dari Surabaya kira-kira makan waktu empat jam (kalau nggak macet ya). Lumayan jauh juga si tapi semua kelelahan bakalan terbayar lunas kalau kalian sudah sampai disini. Well, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita melancong ke Bromo, I really hope these tips I’m gonna give you akan cukup membantu perjalanan kalian ya J. Jangan khawatir soal penginapan karena tersedia banya penginapan disana bagi yang ingin bermalam, kalaupun kalian kehabisan kamar jangan patah semangat dulu karena sebagian besar rumah penduduk disewakan untuk pengunjung ko. Tawar menawar adalah hal yang terpenting karena biasanya disaat peek season mereka bisa menawarkan kamar dengan harga yang lebay (hehehe..) Next tips…. Kalau kalian berkendaraan pribadi, mobil kalian nggak diijinkan untuk masuk sampai kedepan lokasi tempat wisata. Mobil harus diparkir pada tempat yang sudah disediaakan untuk kemudian berganti mobil HardTop yang sudah siap disewakan bagi pengunjung. Harganya lumayan juga si, 300.000 – 500.000 untuk sekali keliling tempat wisata, so kalian bisa akalin dengan berwisata rame-rame supaya biayanya jadi lebih ringan.

Tempat pertama yang bisa kita nikmati dilokasi ini adalah Bukit Teletubies. Kenapa dinamakan bukit Teletubies karena bentuk bukitnya yang persis seperti bukit tempat tinggal teletubies…. Pasti pernah nonton dong ??? hehehehe……. Subhanallah bukit ini bener-bener indah, warna hijau rerumputan bagaikan karpet yang lembut, rasanya pengen berlama-lama memandangi kuasa Allah yang satu ini. Jangan sampe lupa mengabadikan momen kita disana ya karena bukit hijau nan indah ini nggak akan bisa kita temukan ditempat lain.

lautan pasir yg tenang..

lautan pasir yg tenang..

Puas foto-foto dirumahnya Teletubies, kita lanjut perjalanan kepadang pasir. Orang-orang biasa menyebut Pasir Berbisik, karena memang dilokasi ini dulu film Pasir Berbisik dibuat. Bayangkan warna hijau dan hamparan pepohonan yang barusan kita lihat seketika berganti menjadi lautan pasir yang Maha Luas yang gersang. Sungguh Cuma Allah yang bisa melukis keindahan yang kontras semacam ini, benar-benar perpaduan yang unik. Kita tidak akan menemukan warna lain selain legamnya pasir yang bergelombang. Subhanallah pasir yang ada disini ada gelombangnya…seperti ada yang melukisnya khusus. Ini jadi motif special yang terus dijaga oleh pengelola tempat wisata, terbukti dengan disediakannya track khusus pejalan kaki dan jalur khusus untuk mobil sehigga gelombang pasir yang ada disini nggak akan rusak.

Bukit Telettubies.. maaf ya fotonya kurang bagus berhubung cuaca berkabut

Bukit Telettubies.. maaf ya fotonya kurang bagus berhubung cuaca berkabut

OLYMPUS DIGITAL CAMERANow… the moment we’ve been waiting for….. Mount Bromo !! lokasi terakhir adalah gunung Bromo itu sendiri. Dari tempat parkir mobil masih ada 2Km lagi jalur yang kita tempuh, lumayan juga ya (fuuiihh…). Bagi kalian yang nggak sanggup jalan kaki, jangan kuatir ada banyak kuda yang bisa mengantarkan kita sampai ditangga gunung. Cukup dengan 50.000, tinggal duduk manis diatas kuda, and Voillaa…. Sampailah kita dikaki Gunung Bromo. Ehh…. Jangan dikira penderitaan udah selesai ya, karena masih ada 250 anak tangga yang siap menanti sebelum kita sampai dipuncak Kawah Gunung Bromo. Yup… kita masih harus menaiki semua anak tangga itu, tapi jangan kuatir guys…. as soon as you reach the peek penderitaan kita terbayar deh. Dari puncak kawah Bromo kita bisa menikmati semua keindahan alam yang ada, apalagi kalau bisa dapet pemandangan sunrise ya…. dijamin nggak bosen deh berlama-lama disana. Dipuncak Bromo kita akan merasakan betapa kecilnya manusia dihadapan Allah, Sang Maha Pencipta yang sudah menciptakakan semua keindahan ini hanya untuk kita. “Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang akan kau dustakan?”

Speaking of taking your children to Bromo, you should have no doubt to take them with you. Tempat wisata ini insyaallah aman ko buat anak-anak, bahkan kalau mereka mau berpartisipasi menikmati sunrise dipagi buta. Tadinya saya sempat kuatir mau bawa anak dan bahkan berpikir untuk membatalkan kunjungan ke Bromo karena cuaca disana yang cukup extreme, tapi berhubung saya udah ngidam pengen kesana dan saya juga pengen berbagi keindahan alam bersama buah hati terrcinta…. bismilah kami bulatkan pergi ke Bromo. Bagi para ortu yang harus diperhatikan adalah kostumnya supaya mereka siap tempur. Siapkan jaket, sweater, topi, dan sarung tangan supaya mereka nggak kedinginan. Alhamdhulilah nggak ada masalah apapun, kami semua sangat menikmati perjalanan ke Bromo, bahkan yang amazing adalah Nadia (anakku) menaiki 250 anak tangga itu dengan kakinya sendiri tanpa bantuan kami. Walaupun harus berhenti beberapa kali tapi usaha kaki kecilnya yang penuh semangat itu patut diacungi jempol kan J itulah berkah membiasakan bawa anak traveling, selain mereka bisa melihat sendiri lukisan Allah, secara nggak langsung kita juga melatih fisik mereka lho….So what are you waiting for? Rencanakan liburanmu bersama keluarga ke gunung Bromo segera ya 🙂 Image

Advertisements

20 thoughts on “KE BROMO BAWA ANAK ……. SIAPA TAKUT ????

  1. pastiin bawa jaket tebel tahan dingin, atau baju berlapis aja. soalnya suhunya bener – bener dingin, bisa sampai satu digit saja suhunya *brrrrr….*

    Like

  2. Subhanallah ya mom 🙂 udah lama banget gak ke Bromo , aku juga berencana ajak suami & anakku (8 thn) ke Bromo. Bisa diinfo untuk penginapan yang tdk terlalu mahal tp nyaman untuk anak2 mom 🙂

    Like

  3. nadia nya brp taun mba??hehe..aq jug aberencana untuk bawa naka umur 2.5 tahun..bagaimana kira2 menurut mba??aq nya ngidam jugaaa pengen kesana..tp masa iya emaknya jalan2..anaknya di rumah..huuhuu jd galau..

    Like

  4. Hi mba salam kenal. Aku juga berencana mau ke bromo nih, ambil yg midnight dan bawa anakku umur 1,5 tahun hehehe. Yg penting Bismillah nekat aja ya mbak hehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s