REMAJA TANGGUH JAUHI MIRAS

Youth is, after all, just a moment, but it is the moment, the spark, that you always carry in your heart. – Raisa M. Gorbachev

Masa muda adalah masa keemasan yang akan selalu terkenang sepanjang masa. Masa dimana berbagai pengalaman seru terajut indah seiring langkah meraih asa. Sebagai remaja tantangan hidup masa kini jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya. Arus globalisasi membuat segalanya yang dulu tak mungkin menjadi mungkin, segala yang jauh terasa dekat, bahkan merubah cara pandang kita sebagai manusia.
Dunia yang tiada bersekat lagi menyebabkan laju informasi tak terbendung. Tanpa sadar kita menjadi penganut budaya asing yang masuk ke Indonesia. Satu dari sekian banyak budaya luar yang sudah menjadi jamak dikalangan remaja adalah minuman beralcohol. Jenis minuman yang dahulu hanya beredar dibeberapa daerah di Indonesia dan dijual dalam lingkup terbatas kini dapat ditemukan dengan mudah diberbagai tempat. Meminumnya pun bukan lagi hal tabu karena minol telah menjadi trend gaya hidup baru. Tidak ada satu agama pun didunia ini yang menghalalkan minol dan miras toh peringatan ini tidak berhasil memperlambat kerusakan fisik dan psikis yang dialamai generasi muda saat ini. Apa yang menyebabkan masyarakat terutama kalangan remaja begitu permisif terhadap minuman berbahaya ini?

BERSAMA BERANTAS MIRAS
Sebagian besar remaja Indonesia sesungguhnya telah mengetahui dampak buruk mengkonsumsi minuman beralkohol, sayangnya mereka belum memahami efek yang miras dan minol yang sesungguhnya . Tak perlu dijabarkan lagi ratusan penyakit yang akan merusak seluruh organ tubuh manusia, hingga berujung pada kematian. Alkohol bertanggung jawab terhadap 2,5 juta kematian di seluruh dunia tiap tahunnya. Angka yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia dalam “Laporan Status Global Alkohol dan Kesehatan” memperlihatkan bahwa insiden yang berkaitan dengan alkohol dan penyakit tercatat hampir 4% dari total kematian di seluruh dunia. Sayangnya seribu satu kasus kematian akibat kebiasaan mengkonsumsi miras dan minol belum berhasil menyadarkan penggemar minuman “beracun” ini.

Peredaran minol kian massal di Indonesia namun perhatian pemerintah masih sangat minim. Kemendagri bahkan berencana mencabut Perda Minuman Keras meskipun rencana ini masih dalam tahap pembahasan. Dapat dibayangkan kerusakan yang akan terjadi pada generasi penerus apabila Perda ini dicabut. Degradasi moral akan terjadi dimana-mana dan masa depan bangsa jelas akan terancam. Selain melegalkan peredaran miras dan minol pencabutan perda ini berarti juga membuka lebar kemungkinan terjadinya tindak kriminalitas lainnya.

Kampanye anti narkoba begitu marak dilakukan, mengapa tidak demikian dengan miras? Kedua zat yang memiliki kandungan yang sama berbahayanya sudah sepatutnya mendapatkan perhatian yang sama dari semua kalangan. Sejak dini kesadaran akan bahaya miras dan minol wajib ditanamkan kepada generasi muda. Keluarga adalah benteng terpenting dalam memerangi barang haram ini. Dengan berbekal iman dan keyakinan maka aka nada banyak remaja yang berdiri didepan sambil menyauarakan TIDAK untuk miras dan minol. Remaja dengan kepercayaan diri akan selalu berada digarda terdepan dalam kampanye pemberantasan miras kepribadian kuat yang menjadi ujung tombak perlawanan terhadap miras dan minol.

Masyarakat dan lingkungan sekitar wajib bahu membahu memberantas peredaran miras sampai pada sektor terkecil hingga tak ada ruang sedikitpun bagi miras dan minol. Layangkan surat peringatan atau laporkan pada pihak yang berwajib apabila ditemukan supermarket dan toko-toko yang masih mengedarkan miras. Polisi tidak boleh ragu untuk memberangus peredaran miras dan menjadi pemimpin dalam perang melawan miras. Baik pembuat, pengedar, maupun pengguna harus dihukum sama berat karena ketiganya telah merusak masa depan generasi muda penerus masa depan bangsa.

Bersama melawan batilan, semangat itulah yang harus terus dikobarkan dalam dada seluruh masyarakat Indonesia tak terkecuali remaja itu sendiri untuk senantiasa melawan miras dan minol. Indonesia sangat membutuhkan remaja tangguh yang mampu memimpin dan membantu remaja lain yang terjerumus rayuan miras dan minol. Remaja tangguh tak akan rela menyia-nyiakan masa mudanya hanya demi kesenangan sesaat bersama miras. Pintu sukses akan selalu terbuka bagi mereka yang berusaha dijalan yang benar dan tak ragu mengulurkan tangannya untuk sesama. Tak perlu ragu dan bimbang, yakinlah Allah akan selalu memudahkan langkah kita. Dengan berbekal keyakinan, keimanan pada Allah SWT dan tekad bulat untuk melindungi masa depan bangsa, insyaallah langkah kita memberantas miras dan minol akan dimudahkan.

Advertisements

3 thoughts on “REMAJA TANGGUH JAUHI MIRAS

  1. Pingback: Peserta Lomba AntiMiras (lengkap) | Eshape Blogger Jogja

  2. Sahabat Komunitas Pejuang #AntiMiras

    Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

    Dalam berbagai kesempatan dialog, diskusi dan pertemuan lainnya, kita sepakat untuk menjadikan Gerakan Nasional Anti Miras adalah sebuah Gerakan Massal Masyarakat atas kesadaran terhadap bahaya latent yang diakibatkan oleh minuman beralkohol (minol) dan minuman keras (miras), khususnya bagi Anak dan Remaja di bawah 21 tahun;

    Sehubungan dengan itu, kita akan melaksanakan Traning for Trainers yg akan dipandu oleh teman2 dari @KomunitasSM dan @AntiMiras_ID , pada:

    Hari/Tgl : Sabtu-Minggu 6-7 Juli 2013
    Jam TFT : 08’00-17’00 wib
    Tempat : Rumah Damai Indonesia
    Jl H Saabun No20, Jatipadang, Margasatwa Pasar Minggu, Jakarta Selatan

    kiranya Sahabat dapat mengirimkan minimal 2 orang calon peserta, yang terlebih dahulu akan diseleksi dari data yang diisi calon peserta melalui formulir:

    http://www.mediafire.com/download/vb9pcdaiphf5p2k/FormPendaftaranTrainer.pdf

    Keikut-sertaan Sahabat dalam upaya2 Gerakan Nasional Anti Miras, InsyaALLAH akan meningkatkan kesadaran semua stake holder terhadap bahaya minol dan miras, khususnya Pemerintah dalam mengendalikan penjualannya.

    Training for Trainers Pejuang #AntiMiras – bhadiah HP Android Samsung Galaxy CHAT http://chirpstory.com/li/93088

    #BlogPost Training for Trainers Pejuang #AntiMiras

    http://antimiras.com/2013/07/training-for-trainers-pejuang-antimiras/

    Salam Sehat #AntiMiras
    @fahiraidris

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s