PANTAI GAPANG, SEKEPING SURGA DIUJUNG BARAT INDONESIA

Indonesia, sejuta potensi keindahan alam dan kearifan budaya local terkandung didalamnya. Dari Sabang sampai Merauke berjajar ribuan pulau yang memukau dengan keindahan alamnya. Salah satu pulau yang namanya termahsyur hingga mancaegara adalah Pulau Weh. Pulau yang terletak diujung Barat Indonesia ini rupanya menyimpan seribu satu keindahan alam yang tiada duanya. Sejauh mata memandang, anda akan dimanjakan dengan hamparan laut biru yang dinaungi pepohonan hijau nan rimbun. Waktu serasa berhenti sejenak saat anda merebahkan diri dilembutnya pasir putih sembari menikmati hembusan angin pantai yang menerpa wajah.

Tahun 2011 merupakan tahun yang amat berkesan bagiku karena inilah kali pertama aku sampai di Pulau Weh. Untuk mencapai pulau ini kita harus menggunakan kapal ferry yang berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh. Jangan lupa memastikan jadwal keberangkatan dari jauh hari karena kapal ferry ini dapat menunda pelayarannya sewaktu-waktu akibat cuaca yang kurang bersahabat. Sepanjang 45 menit perjalan dari Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan di Sabang anda dilarang mengedipkan mata sekalipun atau anda akan melewatkan birunya laut dalam yang berkilauan diterpa cahaya matahari. Bersiaplah menemukan surga segera setelah anda merapat di Pulau  Weh atau yang lebih dikenal dengan pulau Sabang.

Untuk menjelajahi pulau ini dinas pariwisata setempat telah menyediakan mobil jenis L500 yang bisa kita sewa dengan tariff berkisar Rp. 300.000 – Rp. 500.000 tergantung berapa banyak tempat yang ingin anda jelajahi..Untuk meminimalisir pengeluaran, kita bisa menyewa kendaraan ini bersama wisatawan lain dengan tujuan sama. Ada begitu banyak pantai yang layak dkunjungi dipulau ini, tapi kali ini saya ingin bercerita mengenai sebuah pantai yang membuat saya jatuh cinta sejak pandangan pertama. Salah satu pantai terbaik yang pernah saya kunjungi ini ada dipulau Weh, yaitu Pantai Gapang yang terletak di Jalan Sabang – Iboih km 21, Sabang. Memasuki kawasan pantai ini, sengatan matahari segera meredup berkat rimbun pepohonan Gapang yang memayungi sepanjang area pantai. Apabila anda adalah salah satu penggila diving dan snorkeling maka pantai Gapang adalah lokasi idaman  karena pantai ini merupakan salah satu spot diving terbaik didunia. Batu karang cantik dan ribuan ikan dengan aneka ragam warna akan menyapa anda dengan ramah. Peralatan diving dan snorkeling dapat ditemukan dengan mudah disekitar pantai dengan tariff bervariasi. Jangan lewatkan berbaring daihamparan pasir nan lembut berpayung pepohonan rimbun dan sejenak melupakan beban pikiran.

Apabila anda belum rela meninggalkan kepingan surga ini, Pantai Gapang dikelilingi oleh penginapan dengan tariff yang amat terjangkau. Keindahan Pantai Gapang akan menyapa melalui beranda kamar anda. Pastikan kamera tidak lepas dari tangan anda karena Pantai Gapang adalah lokasi ideal bagi fotografer untuk berburu jutaan foto yang bisa diambil dari berbagai angle.  Last but not least… manjakan lidah anda dengan beragam kuliner khas Aceh yang kaya rempah dengan rasa yang lezat akan membuat liburan anda tak terlupakan. Pastikan Pulau Weh dan Pantai Gapang  menjadi tujuan wisata anda berikutnya apabila anda mendambakan liburan yang sempurna dengan potongan surga sebagai latar belakangnya.

Advertisements

10 thoughts on “PANTAI GAPANG, SEKEPING SURGA DIUJUNG BARAT INDONESIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s