BERBURU SEXY AND YUMMY FOOD DI BANDA ACEH

Hayo….siapa yang doyan makan dan berburu makanan enak? Ayooo buruan ngaku……soalnya kita sama hehehe. Kali ini aku mau share tempat makan yang mantab dikota Banda Aceh. Propinsi diujung barat ini jadi tempat yang sangat special buatku, bukan hanya karena suamiku yang emang asli putra Aceh tapi karena Aceh punya pesona yang luar biasa. Pemandangan alamnya yang cantik, budaya Islamnya yang kental, serta cita rasa masakannya yang unik bikin aku selalu betah berlama-lama disini. Setalh kejadian Tsunami yang meluluhlantakkan Banda Aceh, kota ini mulai bangkit dan berbenah diri. Berkat bantuan darii berbagai negara, Banda Aceh kini menjelma menjadi kota tujuan wisata yang cukup diminati baik oleh wisatawan domestic amupun manca negara.
Aceh ternyata punya tradisi kuliner yang sangat menarik lo. Banyak makanan yang punya cita rasa unik hasil perpaduan budaya Melayu,Arab, Cina, dan India. Tau dong ACEH kan kepanjangan dari Arab, Cina, Eropa, dan Hindia. So buat kalian semua penggemar berat kuliner mencoba makanan khas Aceh itu hukumnya fardhu ‘ain hehehe. Kalau kalian ada punya rencana berkunjung kenegeri serambi Mekah ini, elain jalan-jalan jangan lupa mencoba makanan yang kurekomendasikan ya, dijamin nuaampoolll 

1. Mi Aceh Razali

Mi yang satu ini udah banyak dijumpai dimana-mana, bahkan jadi salah satu makanan favorit warga Aceh. Kemanapun anda melangkah, mi Aceh adalah menu utama yang tersedia baik direstoran maupun pedagang kaki lima. Mi Aceh yang mau aku rekomendasikan kali ini ada dikedai Mi Razali, Banda Aceh. Yang bikin mi Aceh dikedai ini special adalah campuran rempahnya yang berani dan pedas, buat penggemar masakan pedas dijamin doyan deh sama mi Aceh. Dikedai Mi Aceh Razali ada mi goreng maupun mi kuah dengan campuran daging sapi, ayam, dan seafood, tergantung selera aja suka yang mana. Kalau favoritku si mi kuah kepiting. Satu ekor kepiting akan menemani kita menikmati mi Aceh yang puedes…dijamin keringat bercucuran deh. Untuk meredakan pedas, silakan pesan juice terong Belanda (Martabe) atau es timun yang juga khas Aceh.Nggak usah khawatir mencoba mi Aceh karena harganya cukup bersahabat ko, sekitar 8.000 – 35.000 tergantung campurannya. Satu yang pasti menu ini amat sangat layak dicoba dan dijamin bakalan ketagihan deh pokoknya 😉
2. Ayam Tangkap

Makanan apa lagi ni? Pada dasarnya ayam tangkap hampir seperti ayam goreng pada umumnya si, cuma bedanya si ayam dipotong kecil-kecil (sebesar ibu jari) kemudian digoreng kering dan disajikan dengan daun temburu dan cabe hijau yang juga digoreng kering. Daun temburu kalo kata orang Jawa itu daun salam Koja,. Aroma daun temburu yang khas dan prosese penggorengan yang betul-betul kering membuat daun ini terasa seperti kripik. Menurut cerita orang si ayam masih benar-benar hidup dan baru akan ditangkap lalu dimasak bila ada pengunjung yang ingin menikmati menu ini, jadi si ayam fresh from the kandang hehehe…

3. Sate Matang

Sate ini asal muasalnya dari Desa Matang yang ada dikota Bireun. Berkat kelezatannya sate matang ini akhirnya melanglang buana hingga ke seluruh penjuru Aceh, bahkan beberapa kota diluar Aceh. Sate Matang adalah sate sapi biasa, yang membuatnya luar biasa adalah sate ini tidak hanya dimakan dengan bumbu kacang tapi dengan kuah soto. Baru tau kan ada sate yang dimakan pake kuah soto? Makanya buruan ke Aceh dan cobain sendiri sate Matang yang mak nyuuussss bangeetttt.
4. Sayur Pliek U

Sayur asli daratan Aceh yang katanya dulu merupakan hidangan favorit para raja Aceh ini punya cita rasa yang ajaib. Ko bisa? Bisa dong karena menu ini adalah campuran lebih dari 27 jenis sayur yang dimasak dengan kepala santan. Emang menu ini cukup berlemak tapi nggak ada salahnya kan sekali-kali mencoba masakan asli Aceh ini. Kata orang belum sah berkunjung ke Aceh kalau belum nyobain sayur pliek U.

5. Kari kambing

Menu kari mungkin banyak dijumpai didaerah lain di Indonesia, tapi yang membedakan kari kambing Aceh dengan kari yang lain adalah partner makannya. Kari ini paling cocok dinikmati dengan roti Cane (roti Jala). Kuah kari yang kental bercampur dengan rempah khas Aceh yang spicy abis akan memberikan sensasi yang luar biasa dan membuat anda susah berhenti hingga tetes terakhir hehehehe…
6. Ngopi-ngopi di “Ulee Kareng” Sorong

Bagi penggemar berat kopi seperti saya, Aceh berasa bagaikan surga. Kedai kopi dapat ditemukan disetiap sudut kota karena memang orang Aceh punya budaya ngopi yang sangat kuat. Mereka akan betah seharian nongkrong dikedai kopi untuk bersosialisasi dengan berbagai macam topik, mulai gossip hingga politik. Kopinya pun bukan sembarang kopi, karena cara menikmati kopi Aceh berbeda dengan kopi pada umumnya. Apabila kopi biasa anya diseduh dengan air panas, kopi Aceh akan lebih nikmat bila direbus bersama dengan air hingga mendidih. Kopi Aceh punya rasa yang sangat kuat, jadi bagi anda yang nggak kuat sebaiknya menikmati kopi ini secara bertahap. Selain kopi Aceh yang rasanya eksotis, cobain juga teh tarik khas Aceh yang rasanya nggak kalah enak sama teh tarik yang ada di Malaysia dan Singapore.
Oya dikedai kopi Solong anda bisa menikmati secangkir kopi Aceh dengan ditemani macam-macam makanan. Anda bisa mencoba roti yang dilapisi selai srikaya, ada roti Cane, kue-kue khas Aceh, bahkan mi Aceh. Apapun makanannya, yang penting kopinya tetep kopi Aceh ya 
7. Oleh-oleh khas Aceh
Pengen bawa oleh-oleh makanan khas Aceh buat teman dan saudara? Jangan kuatir ada banyak pilihan kue-kue yang endess. Salah satu yang layak dicoba adalah Timphan. Kue khas Aceh ini terbuat dari tepung, telur, dan diisi oleh kelapa parut (mirip enten-enten kalo di Jawa) terus dibungkus daun pisang. Kue ini banyak ditemukan dipasar tradisional maupun restoran yang menjual makanan khas Aceh. Kalau bagi saya si tetep timphan buatan mamak mertua yang paling sip karena bikinnya pake bumbu cinta hahahaa….. Ada lagi kue keukarah yang bentuknya mirip sarang burung wallet tapi bukan dibuat ari sarang burung wallet lo. Rasanya cenderung manis dan renyah. Ada juga kue Bhoi, yatu bolu tradisional yang makin enak apabila disantap bersama kopi Aceh. Kue ini termasuk kue yang cukup special karena menjadi salah satu hantaran yang wajib ada bagi calon pengantin Aceh.

Udah mulai ngiler kan?? Makanya buruan datang ke Aceh, dijamin anda akan mendapatkan liburan seru sekaligus pengalamar berkuliner ria yang tak terlupakan.

Advertisements

4 thoughts on “BERBURU SEXY AND YUMMY FOOD DI BANDA ACEH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s