Tips Merawat Kucing Kesayangan

miaaauuu.....Kucing. Binatang lucu yang satu ini jadi binatang kesayangan banyak orang. Wajah lucu, bulunya yang lembut, dan suara meongan yang khas bikin kita semua jatuh hati sama binatang lucu ini. Rasulullah bahkan dulu punya kucing peliharaan yang namanya Mueeza (yang sekarang jadi nama kucingku juga hehehe). Saking sayangnya Beliau sama Mueeza, Rasulullah sering kali meletakkan Mueeza dipangkuannya. Menurut Rasulullah kucing adalah binatang yang suci bahkan kita boleh mempergunakan air yang sebelumnya telah diminum kucing untuk berwudhu. Satu hal lagi yang special ternyata ditelapak kaki kucing (bagian yang berwarna pink) ada zat anti bakterinya lho, jadi kalaupun kucing kita berkeliaran diluar terus masuk kerumah, kita nggak perlu khawatir kotor karena ada zat ajaib tadi ditelapak kaki mereka.
Meskipun kita sayang banget sama kucing kadang kita ragu untuk memelihara mereka karena takut rumah jadi kotor, bau, takut alergi, bahkan tertular toksoplasma. FYI ya …virus toksoplasma ada disemua binatang berdarah panas, jadi nggak Cuma kucing, bahkan virus tokso juga berkembang di sayur dan buah. Makanya selalu biasakan mencuci bersih sayuran dan buah sebelum konsumsi ya. Sebetulnya nggak usah khawatir akan semua itu asalkan kita merawat si kucing dengan baik. Saya adalah penderita asma sejak kecil, tapi saya paling nggak tahan kalau lihat binatang lucu ini. Dari dulu ingin sekali saya memelihara kucing tapi nggak diizinkan orang tua karena asma. Nah sekarang setelah saya berumah tangga, ternyata suami dan anak saya juga pecinta kucing, jadilah kami sepakat memelihara kucing. Nah untuk menghindari semua penyakit dan menjaga si kucing tetap sehat kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan mereka dengan baik. Ada beberapa tips yang akan saya share disini, semoga membantu 
1. Perhatikan makanan & minuman mereka
Usahakan tidak memberikan makanan mentah pada kucing peliharaan kita, karena makanan yang mentah pasti masih banyak mengandung bakteri dan virus. Jangan biarkan mereka makan tikus karena tikus binatang yang jorok. Beri mereka makanan yang sudah dimasak atau makanan kucing instant yang banyak ditemukan di Pet Shop. Ada banyak jenis makanan instant yang bisa dipilih, dari mulai yang mahal sampai yang curah/kiloan. Rasanya juga bermacam-macam lho, anda bakalan terpesona kalau berkunjung ke Pet Shop dan melihat betapa banyak jenis bentuk dan rasa makanan kucing instant. Bahkan ada yang khusus untuk anak kucing, diperkaya dengan macam-macam vitamin, persis kaya makanan bayi kita aja. Selain makanan yang bergizi, jangan lupa beri kucing kesayangan kita susu. Ada ko susu bubuk khusus untuk kucing, tapi kalau anda nggak sempat beli kasih susu apa aja boleh. Mueeza ku doyan banget minum Milo dan susu sapi. Cobain aja beberapa susu, nggak perlu banyak Cuma untuk lihat mana yang mereka suka aja. Kalau mau mencoba beli makanan dan susu dengan varian baru, sebaiknya beli yang kecil aja. Ada beberapa kucing yang memang nggak suka perubahan, mereka nggak mau makanan lain selain makanan yang biasa mereka makan sehari-hari.
2. Potty Training
Nggak Cuma bayi yang harus diperkenalkan dengan potty training (latihan buang air), kucing juga. Kita pasti nggak mau kan rumah kita jadi kotor dan bau kotoran kucing. Kalau kita pelihara kucing dari kecil lebih gampang ngajarin potty training dikloset. Bawa mereka kekamar mandi dan ajarkan dimana tempat yang betul untuk pup dan pipis. Asalkan kita sabar melatihnya insyaallah mereka akan terbiasa,kucing itu binatang yang cerdas kok. Nah kalau kita pelihara kucing yang udah ABG dan kita nggak sempat untuk melatih mereka sebaiknya kita buatkan tempat khusus untuk mereka buang air. Sediakan tempat lengkap dengan pasirnya lalu tunjukkan pada mereka. Secara naluriah atau via insting mereka tahu akan langsung tahu itu tempat buat apa. Sekarang sudah ada pasir khusus yang bisa menyerap bau kotoran mereka.ada berbagai aroma yang bisa kita pilih dari lemon sampai lavender, jadi dijamin rumah kita bebas dari bau tidak sedap. Kucing pada dasarnya binatang pemalu dan sangat bersih, kalau kita sediakan tempat khusus untuk buang air mereka pasti senang, jadi nggak perlu kesana kemari cari tempat lagi. Mereka juga senang kalau tempatnya bersih lo, jadi nggak Cuma anda yang hepi.  jangan lupa bersihkan dan buang kotoran mereka, ganti pasir dengan yang baru kalau sudah habis. Untuk bumil sebaiknya jauhi tempat kotoran ini, minta tolong suami atau pun yang lain untuk membersihkan tempat kotoran kucing, karena kita nggak tau kuman dan virs apa yang mungkin saja bersarang disana.
3. Mandikan si Kucing
Mandi?? Gimana caranya? Kucing kan paling benci sama air? Memang betul kucing nggak suka air,rupanya alasan dibalik ketidaksukaan mereka itu karena air adalah tempat bersarang banyak virus dan bakteri. Kucing biasa membersihkan badan mereka dengan menjilati bulu mereka air liur kucing yang mengandung zat anti bakteri ampuh membersihkan bakteri yang mungkin menempel ditubuh mereka. Meskipun begitu ada baiknya kita tetap menjaga kebersihan tubuh mereka, terutama kucing yang masih suka berkeliaran dijalan. Sebenernya nggak susah kok mandiin mereka yang penting jangan sampai area wajah terkena air, jadi cukup badannya aja. Nah kalau ada punya budget lebih silakan bawa ke salon hewan. Tinggalkan mereka disana dan beberapa jam kemudian kucing anda aka bersih dan wangi. Kalau budget anda terbatas (seperti saya hehehe) nggak susah kok memandikan mereka. Ada beberapa hal yang harus kita perhatiakn dan siapkan sebelumnya. Sekarang saya ajarin ya gimana mandiin kucing yang bener.
 Pertama, sebelum mandi kita bersihkan dulu telinga mereka. Cukup pake cotton bud biasa. Setelah itu ambil tissue basah untuk membersihkan area belakang (pantat) dari kotoran-kotoran yang masih tertinggal. Setelah telinga dan pantat bersih, kita mulai acara intinya ya.
 Siapkan air hangat didua ember berbeda, satu ember kita campur dengan shampoo, sedangkan ember lainnya untuk membilas. Untuk shampoo kucing sendiri sangat banyak jenisnya yang dijual di Pet Shop, silakan pilih sesuai selera aja. Setelah air siap langsung masukkan si kucing, usap seluruh tubuh mereka secara perlahan dengan air yang telah dicampur shampoo. Pastikan semua bagian dibersihkan kecuali area wajah ya. pengalaman pertama mungkin mereka akan meronta bahkan mencoba lari, kita tetap usap mereka dengan lembut sambil diajak mengobrol. Kanyanya konyol ya, tapi mereka paham kok kalau kita Cuma mau membantu membersihkan tubuh mereka. Kalau anda khawatir mereka mencakar pakailah sarung tangan karet supaya tangan anda nggak terluka.
 Setelah anda rasa cukup bersih, basuh kucing anda dengan air hangat diember berikutnya. Bersihkan seluruh busa yang menempel dibulu dengan sempurna, dan selesai  letakkan mereka dihanduk dankeringkan.
 Nah bagian mengeringkan ini bagian yang sangat penting lho. Jangan sampai kucing kita malah terkena jamur karena proses pengeringannya nggak sempurna terutama untuk kucing angora dan Persia karena bulu mereka panjang dan tebal. Setelah dikeringkan dengan handuk, gunakan hair dryer, cukup gunakan udara dingin saj tapi dengan speed maksimal. Pastikan semua bagian kering, terutama bagian lipatan, seperti dileher, bagian kaki, dan badan. Setelah semua kering, bulu mereka siap disisir. Ada sisir khusus yang lembut untuk bulu kucing. Sisir seluruh bulu hingga rapid an lembut. Voila…. Kucing kesayangan anda sudah rapid dan wangi.
Gampang ya ternyata  kalau anda mau boleh juga kuku kaki mereka dipotong. Beli aja gunting kuku khusus untuk kucing, kalau saya si nggak tega memotongnya. Pada dasarnya mereka tetap binatang, dan kuku jelas mereka butuhkan untuk perlindungan diri mereka. Semuanya kembali pada pemiliknya aja, yang jelas kebersihan mereka itu mutlak. Setelah mandi bulu si kucing terasa lebih halus, lembut, dan wangi. Jadi makin enak dielusnya hehehe…. Oya kasih mereka makan ya. abis meronta-ronta karena dimandiin mereka pasti laper. Selesai makan langsung deh tidur heheheh…..
Sekarang nggak perlu khawatir lagi memelihara kucing. Asalkan kita mau melatih dan menjaga kebersihan mereka insyaallah kucing nggak akan membawa masalah kok. Semua peralatan yang saya sebutkan tadi bisa dibeli di Pet Shop, harganya juga nggak mahal. Semoga tips yang saya kasih bermanfaat yaa….. Love Your Cat and He Will Love You Even More 

Advertisements

3 thoughts on “Tips Merawat Kucing Kesayangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s