Malang, Kota Serba Ada (1)

Siapa yang nggak tau kota Malang (kebangetan kalo nggak tau). Kote terbesar kedua di propinsi Jawa Timur ini selalu jadi sasaran liburan warga Surabaya dan sekitarnya setiap weekend tiba. Belum lagi kalau ada long weekend, jarak tempuh normal Surabaya –Malang yang biasanya 2 jam bisa jadi 4 jam saking macetnya. Malang sekarang jadi salah satu magnet wisata di Indonesia karena kota ini memang kaya akan objek wisata yang keren. Mulai dari wisata alam, wisata kreatif, wisata kuliner, dan masih banyak hal menarik lain yang bisa kita temukan dikota ini.

Perlu berkali-kali kunjungan untuk saya supaya bisa kasih full report mengenai salah satu kota favorit saya ini. Sama sekali nggak pernah bosan mengunjungi kota ini karena selalu ada tempat baru untuk di eksplor. Ekspedisi pertama saya ke Malang dimulai September 2012 waktu saya dapet job bikin liputan traveling untuk majalah Jetstar Singapore . Setelah itu beberapa kali saya kembali ke Malang karena begitu banyak keindahan yang ingin saya bagi bersama 2 orang tercinta saya dan para readers tentunya (ngarep.com). Saking panjang cerita traveling di Malang, saya mau bagi beberapa postingan aja lah.

 Well… as a start dipostingan ini saya mo cerita mengenai sebuah jalan yang ada dikota Batu (kurang lebih satu jam dari Malang).  Jalan Oro-Oro Ombo merupakan jalan yang terkenal seantero Indonesia karena disinilah bersarang  empat objek wisata unggulan Batu, Malang. Kalau anda memang tertarik menjelajahi jl. Oro-Oro Ombo sebaiknya persiapkan kaki anda ya, karena dijamin kaki bakalan pegel bahkan mungkin bengkak karena empat tempat wisata yang akan saya ulas disini memang sangat luas. Nah   Apakah tempat wsata itu….. cekidot guys….

1.      Jatim Park I

 

Jawa Timur Park berdiri diatas tanah seluas ± 11 hektar yang berlokasi di lereng bagian timur gunung Panderman Kota Batu dengan ketinggian 850 meter diatas permukaan laut. Disini pemandangan luar biasa indah dan cuacanya adem, cocok banget untuk berwisata bersama seluruh keluarga. Tempat ini lengkap dengan puluhan wahana yang seru, dari mulai balita sampe kakek nenek bisa berlibur disini. Beberapa andalan di Jatim Park I ini adalah water boom, science center, gallery budaya, sky swinger, baby zoo, flying fox, tourism market dan bioskop 3D. untuk semua keseruan ini nggak perlu bayar mahal, cukup IDR. 50.000 saat weekdays atau IDR 65.000 saat weekend.  Pasti seru deh kalo liburan kesini bawa anak-anak, mereka bakalan betah seharian disini karena bisa main sepuas hati tapi nggak ketinggalan juga unsur pendidikannya.

 

2.      Jatim Park II (Batu Secret Zoo)

 

Dari sekian banyak kebun binatang yang pernah saya kunjungi di Indonesia, Batu Secret Zoo menurut saya adalah salah satu kebun binatang terbaik karena dikemas dengan konsep yang berbeda. Ada empat bagian utama dari tempat ini, yang pertama kebun binatangnya sendiri, kedua museum satwa, Jungle Fast Food, dan yang terakhir Hotel Pohon Inn. Asyik pastinya kalo bisa nginep di hotel ini karena Pohon Inn bentuknya seperti batang pohon yang besar, letaknya juga persis disamping pintu masuk Batu Secret Zoo, jadi kalau emang kita pengen mengeksplor semua objek wisata di Jl.Oro-Oro Ombo ya hotel ini tempat yang paling pas buat bermalam. Berhubung kantong daku yang pas-pasan jadi aku cuma bisa memandang sedih sambil ngiler didepan pintu hotel L

Tapi kesedihan nggak berlangsung lama karena begitu masuk Batu Secret Zoo kita langsung disambut sama koleksi binatang mereka yang lengkap. Designnya keren, lokasi yang bersih, dan fasilitasnya yang lengkap bikin aku terpesona banget. Buat emak-emak yang bawa bayi lokasi ini juga stoller friendly (jadi nggak pegel gendong bayi) Cuma sayangnya nursery room nya Cuma satu jadi kalo pas peek season bakalan penuh banget. Insyaallah kita nggak akan nyasar dikebun binatang ini karena tempat ini punya rute yang jelas dan nggak bikin bingung. Koleksi binatang disini komplit plit plit…. mulai dari binatang kecil sampai binatang penguasa padang savanna seperti harimau, jerapah, dan gajah. Satu hal yang cukup membuatku terheran-heran adalah mereka punya koleksi binatang-binatang albino seperti merak, kanguru, dll. Hebat ya …kok bisa nemu binatang albino gitu. Puas bercengkarama (foto-foto maksudnya hehehe) sama binatang yang lucu dan menggemaskan, langsung deh kita lanjut ke Fantasy Land. Tempat ini pasti serasa surga buat anak-anak kita, ada banyak karakter kartun beken yang siap menemani kita sepanjang Fantasy Land. 20 wahana yang keren siap menanti untuk dicoba. Nadia betah banget main disini, sempet pengen berenang juga di Water Park nya tapi cuaca waktu kami kesana mendung dan lumayan dingin, jadi agenda berenang terpaksa dibatalkan, cukup diganti dengan foto-foto disekeliling Water Park ditemani dengan karakter-karakter Disney yang lucu hehehe.

Khatam muterin Batu Secret Zoo kita lanjut deh ke Museum Satwa yang lokasinya persis disamping kebun binatang.  Selain berbagai macam satwa yang telah diawetkan, mulai dari binatang zaman purba sampai yang sekarang masih ada. Buat pecinta serangga,  dimuseum ini ada Insectarium yang isinya cukup lengkap, seperti ratusan jenis kupu-kupu, kumbang, belalang, laba-laba, dan serangga lainnya dari berbagai Negara. selain itu ada kejutan menarik di Museum ini. Setiap harinya akan diberikan hiburan menarik berupa Ice Live Show yang menceritakan tentang perdamaian dan akibat perusakan alam oleh manusia. Di akhir pertunjukan, anak-anak akan diajak untuk menari dan menyanyi bersama satwa disertai hujan gelembung salju yang dapat menambah keceriaan mereka. Gelembung salju ini yang bikin Nadia dan anak-anak lain heboh bukan alang kepalang. J Satu yang hal yang pasti Museum ini nggak membosankan, bahkan keren. So don’t miss it ya.

 

3.      Batu Night Spectacular

 

Nah tempat ini ni yang menurutku tempat wisata yang keren banget. Konsepnya beda sama tempat wisata yang kebanyakan buka dipagi hari. BNS mulai beroperasi jam 15.00 – 24.00, pas cuaca mulai adem-ademnya, so pasti sweat free meskipun lokasi ini juga cukup luas. Tiket masuknya murah banget, IDR 15.000 tapi nggak termasuk kalau kita mau mencoba beberapa wahana disini lho ya. yang paling spectacular dari tempat ini adalah Lampion Garden guys. Ada puluhan lampion cantik disekeliling taman yang mengundang kita berfoto ria, cocok banget buat kita-kita yang fotogenit (hadeeehhh). Puas berfoto-foto di Lampion Garden kami sekeluarga mencoba wahana Sepeda udara yang ternyata punya antrean paling panjang di BNS. Wahana ini mengajak kita mengayuh sepeda diatas sebuah lintasan yang mempunyai titik tertinggi sekitar 12-13 meter dari permukaan tanah jadi keliatan semua deh keindahan kota Batu, Malang dimalam hari. Tips dari saya jangan lupa pakai jaket ya, terutama anak-anak karena kalau malam udara dikota Batu lumayan dingin.

 

 

4.      Eco Green Park

DSC_0217DSC_0242

Eco Green Park adalah tempat wisata yang terbilang baru, tapi letaknya yang bersebelahan dengan tiga tempat wisata yang udah saya ulas diatas, Eco Green Park langsung ikutan beken dalam sekejap. Untuk tiket masuknya cukup IDR 30.000 aja kok dan free untuk anak-anak yang tingginya dibawah 85 cm. Tempat ini mengusung konsep Fun and Study. Eco Green Park bernuansakan alam sehingga memiliki udara yang sangat sejuk dan indah. Obyek wisata ini juga memiliki lebih dari 25 wahana yang menarik dan mendidik yang sangat cocok bawa seluruh keluarga liburan disini, seperti duck kingdom, bird show, jungle adventure, dome multimedia, dll. Selain bermain anak-anak bisa belajar banyak hal seperti gimana caranya mendaur ulang sampah menjadi biogas atau briket (batu bara), pemerahan susu hingga pengemasanya dan masih banyak lagi. Honestly aku  sendiri belum sempet main kesini,tapi insyaallah Eco Green Park sudah masuk waiting list untuk liburan kami yang berikutnya.

 See….. bener kan kalau jl. Oro-Oro Ombo ini emang jalan terkeren se Indonesia. J nggak perlu jauh-jauh keluar negeri karena di Indonesia sudah ada banyak tempat wisata yang edukatif dan menarik banget. FYI…. Ini penting banget buat para emaks yang concern sama masalah dana tapi memutuskan datang kesini. Khusus dimasa liburan ini ada paket special yang namanya “Paket Sakti.” Cukup dengan membayar IDR. 150.000 per orang dan empat objek wisata ini bisa kita jelajahi sepuas-puasnya, berlaku untuk 2 hari. J Buruan dateng ya ke kota Malang…. Yuuuukkk maaaarreee……..

Advertisements

15 thoughts on “Malang, Kota Serba Ada (1)

  1. Betapa indah gemilang kota malang
    Kota di datar tinggi,sungguh menari hati…
    kelanjutannya aku lupa
    cipt. Dirman S wongsokadi.
    Salam Arema

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s