Belanja Online Itu …..

Perempuan dan belanja, dua dunia yang tak terpisahkan. Kayanya belum pernah nemu ada perempuan yang nggak doyan sama aktivitas yang satu ini. Sejak remaja sampai sekarang belanja adalah salah satu aktivitas yang kusukai. Kalau meluangkan waktu satu jam untuk olah raga rasanya berat, tapi seharian jalan di mall sama sekali nggak nolak, toh kan sama juga olah raga (ngeless.com). Mungkin buat para lelaki kebiasaan belanja ini terasa aneh, tapi buat perempuan (at least for me) belanja itu merupakan seni yang menarik. Gimana kita mencari sebuah barang, membandingkan dari satu toko ketoko yang lain, menawar, bahkan memadu-padankan warna dan motif busana, busana dengan aksesorisnya, semua itu menurutku sangat mengasyikkan. sale ...sale

Kebiasaan ngemall ini sedikit demi sedikit berkurang sejak ada yang namanya belanja online. Tinggal duduk manis didepan laptop atau gadget lainnya, kita bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan. Waktu masih mengajar dulu aku nggak punya banyak waktu berkeliling dimall nya dunia maya tapi setelah sekarang jadi ibu rumah tangga dengan waktu yang lebih fleksibel kebiasaan belanja online mulai berkembang dan kian menjadi hehehe. Kegemaranku sekarang belanja buku online lewat Gramedia online dan bukabuku.com, karena selain mudah, harganya lebih murah dari yang ada dipasar, kalau pas lagi ada promo kita bisa dapet buku dengan tanda tangan penulisnya, sip kan?

shop girl 

Aku mulai kenal belanja online dari seorang teman yang meng-add ku dibutik onlinenya. Belanja dibutiknya relative mudah, apalagi pemiliknya adalah teman sendiri jadi aku sama sekali nggak khawatir ada masalah. Berkat social media yang makin menjamur, kebiasaan online shopping ini mulai merambah kemana-mana. Segala jenis barang yang kuinginkan bisa ditemukan via online terkadang dengan harga yang lebih murah dibanding yang dijual ditoko. Alhamdhulilah beberapa kali transaksi dengan jenis barang yang berbeda nggak ada masalah (kecuali suami yang mulai protes karena pengeluaran yang makin membengkak hehehe)onlineshop1

 Nah sekarang kepengalaman yang nggak enak ya. Suatu hari ada sebuah toko sepatu online yang meng-add ku via facebook. Sebagai pecinta sepatu, aku tertarik mencoba belanja disana. Setelah nemu sebuah wedges yang aku suka langsung deh aku order karena mereka system mereka yang made by order. Mereka minta DP sebagai tanda jadi dan sisanya dibayar setelah sepatu jadi. Setelah membayar DP mereka janji dalam waktu 4 hari sepatu pesananku akan siap. Setelah kutunggu lebih dari seminggu belum ada kabar juga dari mereka, aku kirim pesan di inbox nggak dibalas, telpon nggak aktif, mulai curiga juga akhirnya. Teman-teman bilang si sebaiknya uang DP yang kukirim diikhlasin aja karena nggak mungkin balik. Ya sudah, akhirnya aku nggak berusaha menghubungi mereka.

 

wedgesEh dua minggu kemudian pihak toko sepatu mengabarkan wedges pesananku sudah siap. Mereka minta alamat dan uang sisanya. Maksud hati pesanan ini mau kubatalkan tapi karena sudah jadi, ya wes lah kubayar sisanya. Ternyata oh ternyata sepatu ini baru datang dua bulan setelahnya, yang lebih miris hasilnya jauh dari yang kuharapkan. Sepatunya keras dan bentuknya jauh dari sample yang ada difoto mereka. Kecewa banget, udah ditunggu berbulan-bulan ternyata hasilnya nggak memuaskan. Bahkan akun toko sepatu ini hilang ditelan bumi nggak lama setelah sepatuku nyampe dirumah.

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman berbelanja online. Boleh-boleh aja si belanja online tapi sebaiknya perhatikan beberapa hal sebelum melakukan transaksi ya. Here are some tips from me:

online shop

1.      Kenali situsnya dengan baik

Pelajari dengan seksama situs belanja ini, amanah atau nggak. Lihat komentar dari konsumen mereka, memuaskan atau nggak, jadikan itu sebagai salah satu pertimbangan.

2.      Cari Informasi mengenai barang yang akan dibeli

Perhatikan dengan baik keterangan yang ada difoto, baik warna maupun ukuran. Kadang ukuran satu merk dengan merk lainnya bisa beda. Akan lebih baik kalau mereka punya daftar ukuran yang lengkap, mulai dari lebar dada, panjang baju, dll jadi kita nggak kecewa. Tanyakan secara lengkap semua informasi, biar aja dibilang bawel sama adminnya daripada kita kecewa hehhe.

3.      Nggak semua barang bisa dibeli online

Ini menurutku sih, ada beberapa barang yang nggak bisa dibeli via online, sepatu adalah salah satunya. Berdasarkan pengalamanku tadi, banyak hal yang jadi pertimbangan saat beli sepatu. Selain tiap merk punya ukuran yang berbeda, sepatu itu harus kita rasakan dan coba sebelum membeli. Coba gunakan dikaki kita saat berjalan supaya kita tahu sepatu itu nyaman atau nggak saat digunakan. Menurut artikel yang pernah kubaca ukuran kaki kita bisa berubah-ubah. Saat terbaik membeli sepatu adalah disore hari saat ukuran kaki kita melebar maksimal.shopping ...

 Last but not least, online shopping memak asyik tapi bagiku berinteraksi secara langsung tetap lebih asyik. Melihat barangnya secara langsung, menyentuhnya, mencoba dan merasakannya membuatku lebih yakin kalau aku nggak salah beli. Nggak mau dong uang kita terbuang untuk sebuah barang yang nggak bisa kita pakai. So kesimpulannya belanja online itu tetep asyik dan nggak ada salahnya belanja online asalkan lebih berhati-hati aja karena bagaimanapun barang yang kita inginkan masih berada dalam dunia yang tak tersentuh alias dunia maya. Enjoy your online shopping and WASPADALAH….. WASPADALAH …. !!!!

Giveawaycopy arrian

Cerita ini diikutsertakan dalam Arr Rian’s Giveaway -Pengalaman Belanja Online –

Advertisements

8 thoughts on “Belanja Online Itu …..

  1. Ah setuju mak, thats why aku nggak pernah beli sepatu online. Eh pernah ding beli yang dari brosur produk cibaduyut gitu. tetep ya.. nggak cocok 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s