Traveling Bersama Anak-anak, Why Not??

Saat ini banyak orang tua yang malas untuk traveling bersama buah hati mereka dengan alasan repot dan biaya liburan yang jadi membengkak. Para orang tua lebih memilih menonton TV, bermain dengan gadget dirumah atau sekedar makan dan jalan-jalan di mall. Memang mungkin traveling dengan membawa anak-anak terkesan ribet dan nggak praktis, padahal apabila kita mau melihat dari sudut pandang yang berbeda, traveling ternyata punya banyak manfaat lho bagi perkembangan anak. Semua keribetan itu sesungguhnya dapat diatasi dengan persiapan yang matang terutama bila kita membawa balita. Begitu banyak hal yang bisa kita ajarkan kepada meraka sembari berlibur dan merekatkan hubungan antar anggota keluarga. Berikut adalah beberapa manfaat traveling :

mountains

1.      Mengenalkan Kebesaran Tuhan

Salah satu kesukaan saya dan keluarga adalah berwisata dialam terbuka. Melihat hijau pepohonan, bunga dengan aneka warna, gunung tinggi menjulang, pantai luas membentang, semua itu mengingatkan saya betapa besar cinta Tuhan YME kepada manusia. Begitu banyak keindahan tercipta agar dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh manusia. Berbagi keindahan alam dengan buah hati adalah hal yang penting dan menyenangkan. Kita dapat menunjukkan banyak hal indah sembari mengenalkan konsep Tuhan yang telah menciptakan semua yang ada dibumi ini sebagai tanda cinta Nya pada makhluk Nya. Tugas kita lah sebagai manusia dan orang tua untuk senantiasa bersyukur atas segala karunia Nya.

fishing 

2.      Menumbuhkan Rasa Cinta Pada Alam

Ala Cinta karena biasa. Cinta kepada alam dapat tumbuh karena kita terbiasa berdekatan dengannya. Kita belajar mengenai menjaga keseimbangan alam dan pentingnya melestarikan lingkungan demi masa depan yang lebih baik. Mendekatkan alam pada anak berarti juga mengajarkan anak bagaimana menghargai alam dengan merawat semua yang ada dialam, melindunginya, dan tidak membuang sampah sembarangan. Apabila rasa cinta pada alam tumbuh sejak dini, secara otomatis anak-anak akan mengerti bahwa membuang sampah sembarangan dapat merusak keseimbangan alam dan menyebabkan bencana bagi kehidupan manusia. Saat rasa empati pada alam terpatri pada jiwa seorang anak saat itulah anak-anak belajar menghargai segala sesuatu yang ada didekat mereka.

perbedaan 

3.      Memperkenalkan Perbedaan yang Ada Didunia

Membawa anak-anak keluar dari lingkungan sehari-hari mereka berarti juga membuka wawasan mereka. Anak-anak mungkin belum mengetahui ada begitu banyak perbedaan yang mewarnai dunia ini baik dari segi agama, suku, RAS, budaya, cuaca, dan bahasa. Membawa mereka berlibur kekota lain, propinsi lain, bahkan keluar negeri, akan membuka mata mereka bahwa begitu banyakl yang berbeda dari diri mereka. Kita dapat mengenalkan budaya, bahasa, makanan, bahkan cuaca sekaligus mengingatkan bahwa perbedaan lah yang membuat semuanya menjadi indah. Dengan memperkenalkan semua perbedaan yang ada sejak dini pada anak, secara tidak langsung kita juga mengajarkan bagaimana caranya menghormati perbedaan yang ada serta bagaimana semua perbedaan ini justru membuat kehidupan manusia semakin berwarna.

girl and bag 

4.      Menanamkan Kemandirian

Traveling tak melulu menghabiskan waktu dan biaya yang besar. Banyak tempat wisata yang dekat dengan tempat tinggal kita yang murah meriah namun tetap mendatangkan banyak manfaat dan kebahagiaan. Sekali waktu cobalah berkemah bersama keluarga dialam terbuka. Ajarkan kepada mereka bagaimana bertahan dialam bebas tanpa bergantung pada listrik dan barang-barang elektronik. Ini bukan hal yang mudah terutama bagi anak-anak yang terbiasa hidup dalam kemewahan. Disinilah kita dapat mengajarkan pentingnya bersabar, bekerja sama dengan orang lain, dan memanfaatkan semua yang tersedia dialam bebas.

fire camp 

5.      Menambah Pengalaman Baru

Begitu banyak hal baru yang bisa kita lakukan saat liburan. Tak hanya melihat banyak pemandangan baru, anak-anak dapat mencoba berbagai aktivitas seru seperti menanam padi disawah, membajak sawah, memetik buah dan sayur, memberi makan binatang, berenang, memancing, bahkan mencoba berbagai moda transportasi. Inilah saat yang tepat bagi kita untuk menambahkan perbendaharaan kata baru bagi mereka, seperti masinis (pengendara kereta api), pramugari (yang melayani penumpang pesawat), dan lain-lain.

fam n car 

6.      Mempererat Hubungan Keluarga

Begitu banyak waktu bersama keluarga terbuang saat kesibukan dan pekerjaan kantor datang menyita seluruh waktu kita. Begitu jarang kita menghabiskan waktu bersama keluarga bahkan untuk sekedar bertanya mengenai kabar dan aktivitas keseharian. Dimasa seperti inilah liburan keluarga sangat dibutuhkan. Tak hanya untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan stress, liburan bersama keluarga juga mampu menyuburkan benih-benih cinta antar anggota keluarga. Menghabiskan waktu bersama, menikmati keindahan alam, mencoba banyak hal baru, saling berbagi, bahkan bekerja sama dalam banyak hal seru pasti akan mendatangkan senyum dan kebahagian bagi seluruh anggota keluarga. Jangan lupa mengabadikan seluruh pengalaman dan kebahagiaan selama liburan agar kita dapat selalu mengenang dan menghargai indahnya kebersamaan.

 

Jadi takperlu lagi merencanakan liburan seru bersama keluarga karena begitu banyak manfaat yang akan kita rasakan, terutama bagi buah hati tercinta. Hal perlu diperhatikan adalah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang mulai dari peta perjalanan, tujuan, dan tentu saja barang-barang yang akan dibutuhkan saat kita traveling bersama seluruh keluarga. Apabila semua persiapan telah kita lakukan dengan baik insyaallah kita akan mendapatkan liburan sempurna yang tak akan terlupakan. Insyaallah pada postingan berikutnya akan saya lanjutkan dengan tips-tips berlibur bersama anak-anak ya. J

Advertisements

5 thoughts on “Traveling Bersama Anak-anak, Why Not??

  1. Asik bgt mak traveling. Aq jg suka, cm sjk ank k2 lahir jarang traveling nih masalah repot klo bareng bapanya gpp..tp repotnya diongkos hehe. Mampir n follow blogku jg y mak

    Like

  2. Aku sejak baru punya anak rasanya pengeeeeren banget jalan-jalan keluar kota, tapi masih ragu-ragu. Bahkan hanya untuk pulkam masih mikir berkali-kali. Hehe, ada saran mak? Lebih baik umur berapa ya anak diajak travelling?

    Like

    • Kl mnr ku si mak ga perlu ragu n takut Bwa mrka jln sjk kcil supaya mrka gs kn knal sama mabuk diperjlnan, rewel, dkk. Justru mrka akan terbawa sma hoby kt ni. Ga ush ragu lg mak.. Byk bgt lo manfaatnya yg ptg kl bawa anak2 bawaan hrs lengkap 😉

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s