Sehari Keliling Berastagi

Di perjalanan kali ini ke Medan (29 Juni – 2 Juli 2013) aku menyempatkan mengunjungi Berastagi meskipun cuma sehari. Berastagi nggak jauh beda seperti Puncak yang selalu dipadati warga Jakarta setiap weekendnya. Sebenernya sih perjalanan dari Medan ke Berastagi bisa ditempuh kurang lebih satu jam tapi karena weekend jalanan jadi padat merayap. Jalanan yang sempit dan kebiasaan berlalu lintas warga setempat yang kurang tertib bikin perjalanan ke Berastagi makin ruwet. Kalau memang mau berkunjung ke Berastagi saat weekend sebaiknya pergi sepagi mungkin supaya nggak terjebak macet, jadi lebih banyak waktu untuk jalan-jalan. Setelah perjalanan dua jam lebih, akhirnya kami sampai juga di Berastagi, alhamdhulilah.

Letak Berastagi yang berada dikaki gunung Sibayak membuat lokasi ini menjadi tujuan wisata favorit warga Medan dan sekitarnya. Banyak sekali yang bisa kita lakukan disini, dari mulai menikmati suasana pasar tradisional sampai seru-seruan di Theme Park. Berhubung aku cuma punya waktu sehari, nggak banyak tempat wisata yang bisa aku datangi, so aku berhasil memilih empat lokasi utama yang nggak boleh terlewatkan kalau kita berkunjung ke Berastagi.

 

1.Taman Wisata Alam Lumbini

DSC_0582

DSC_0643Tempat wisata ini termasuk baru di Berastagi namun sudah berhasil mengundang banyak pelancong setiap harinya. Nggak perlu bayar, cukup mengisi buku tamu aja dan kita bisa masuk ke replica Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar.  Menariknya lagi, replika Pagoda Shwedagon ini tertinggi kedua di antara replica sejenis di luar negeri yang berada di Birma. Pagoda ini juga tercatat memegang dua rekor MURI yaitu Pagoda tertinggi di Indonesia (rekor pertama) dan kebaktian dihadiri bhiku terbanyak (rekor kedua). Pengunjung pagoda ini nggak Cuma umat Budha, banyak pengunjung beragama lain datang kesini unuk sekedar menikmati keindahan Pagoda bercorak emas yang tinggi menjulang ini. Dalam pagoda ini tersimpan sebanyak 2.958 rupang Buddha, 30 rupang Arahat dan 108 relik suci serta hampir seluruhnya dibawa langsung dari Myanmar, termasuk puncak pagoda setinggi46,8 meter di atas stupa. Selain bangunan Pagodanya yang megah, lokasi ini juga dilengkapi dengan taman yang keren banget. Letaknya bukan hanya disekeliling Pagoda tapi berada dibawahnya, Karen kan?? Oya satu lagi, diluar Pagoda ada kebun buah-buahan yang bisa kita petik, sayang banget pas aku kesana strawberry nya baru aja dipanen jadi nggak bisa deh metik buah strawberry langsung dari buahnya.

DSC_0635

2. Pasar Buah dan Sayur Berastagi

DSC_0664

Karena Berastagi terletak di ketinggian 1.300 meter dan memiliki udara yang sejuk nan dingin, buah dan sayur disini sangat segar dan murah. Gemes rasanya liat bermacam buah dan sayur yang didisplay sama pedagang dipasar. Kalau nggak inget rumah yang nun jauh di Surabaya rasanya pengen beli sayur dan buah banyak-banyak.  Banyak macam buah-buahan yang bisa kita temukan dipasar ini, seperti jeruk, tomat, pisang, terong belanda, markisa, pepino, dan masih banyak lagi. Selain buah dan sayur ada juga bunga dan berbagai macam oleh-oleh khas Berastagi. Sekali-kali asyik juga lho turun ke pasar tradisional, apalagi kalau pasarnya lengkap seperti pasar yang ada di Berastagi ini. Nggak cuma bisa ngirit, tapi mata jadi seger karena liat sayur, buah, dan bunga yang fresh. Kuncinya belanja dipasar tradisional manapun ya cuma kelihaian menawar. Semakin jago tawar menawar dengan penjual semakin asyik lah belanja di pasar tradisional.

3. Berendam disumber Mata Air Sidebuk Debuk

sidebuk debuk

Satu lagi wisata yang khusus Berastagi dan nggak boleh kita lewatkan dikota ini. Objek wisata Sidebuk Debuk ini selalu penuh pengunjung dari pagi sampai malam. Semakin malam lokasi ini justru semakin ramai. Yang menarik dari tempat wisata ini adalah kolam air panas beraroma sulfur atau belerang, ada sebagian orang yang memang tidak suka dengan aromanya. Belerang memang banyak di gunakan pada pengobatan tradisional untuk penyembuhan penyakit kulit, seperti jerawat, alergi dan berbagai penyakit kulit lainnya, tapi nggak perlu takut ketularan dari wisatawan lain karena air kolam bersikulasi terus. Air panas belerang di alirkan dari rekahan gunung Sibayak melalui pipa-pipa ke kolam pemandian. Ukuran kolam dan tingkat panasnya bervariasi, ada yang hangat ada juga yang sangat panas, tinggal pilih aja suka yang mana. Mata air panas sidebuk debuk berada di sebelah selatan gunung sibanyak,tepatnya di desa Sidebuk Debuk. Dari jalan lintas Medan – Berastagi anda berhenti di simpang desa Sidebuk Debuk, ada plang yang bertuliskan HOT SPRINGS SIDEBUK DEBUK.

4. Mikkie Holiday

mikkie holiday

Ada satu objek wisata yang recommended banget di Berastagi, terutama buat yang bawa anak-anak dan seluruh keluarga. Ya …yang namanya Theme Park memang lagi happening dimanapun, termasuk dikota Berastagi ini. Mikkie Holiday, mengusung fun holiday yang bisa dinikmati seluruh keluarga. Nggak beda dengan theme park yang banyak ditemukan di Indonesia maupun mancanegara, Mikkie Holiday punya banyak wahana seru dan asyik yang bisa dicoba. Ternyata nggak Cuma wisatawan domestic aja yang Menuhin tempat ini, banyak juga wisatawan asal Malaysia dan Singapore yang main disini lho. Kalau udah berkunjung kesini kayanya susah banget deh keluarnya apalagi yang bawa krucil-krucil hehehhe…..

Advertisements

17 thoughts on “Sehari Keliling Berastagi

  1. Kalau taman lumbini udah 2 x bareng temen2 SMA.
    pasar buah dan sayur setiap hari dilewatin.
    Mikie Holiday, biasanya 2 bulan sekali dan tahun baru.
    berendam di air sidebuk debuk ketika pulang hiking gunung sibayak. atau setiap liburan bareng keluarga.
    dan itu terjadi 3 tahun yang lalu sebelum merantau buk. 🙂

    Like

  2. Hehehe.. justru theme park yang paling aku hindari. biayanya biasanya ratus ribu 😀 hahaha *ngirit banget* dan untungnya anak-anaku nggak keberatan diajak susah naik turun gunung :p

    Like

  3. Pingback: 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Medan | Momtraveler's Tale

  4. Selamat Pagi…
    Mau ke Danau Toba…
    Mau ke Berastagi..
    atau hanya jalan jalan di Medan..
    Butuh sewa mobil di Medan..
    Yuk hubungi ke Medan Star Rent Car
    Murah…
    Mulai dari Rp. 350.000/hari.
    bisa hubungi ke 085262831660/085297000264
    atau buka webnya untuk info lebih lanjut.

    http://medanstarrentacar.com/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s