Khayalan di Siang Hari: Liburan Seru Di Kepulauan Seribu

pulau-bira

“Ma….kita liburan kesini yuk,” Nadia berkata sambil membawa kalender bergambar pemandangan pantai. Aku yang sedang duduk disampingnya sambil asyik berselancar didunia maya sejenak berhenti. Sepertinya memang asyik juga kalau kami sekeluarga bisa berlibur kesebuah pantai yang indah dan jauh dari hiruk pikuk kota besar. Menikmati setiap detik yang berlalu dengan damai, tanpa gangguan polusi udara dan suara bising kendaraan bermotor. Hanya ada kita dan alam, bersatu dalam kedamaian.  Menikmati birunya air laut, merasakan hembusan angin sepoi-sepoi menyentuh tubuh sembari mengajarkan si kecil Nadia bagaimana menghargai keindahan alam dengan melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat.

Kami sekeluarga memang pecinta berat traveling. Tak perlu pergi ketempat yang jauh apalagi mahal, cukup dengan dana seadanya, yang penting perasaan galau dan suntuk bisa hilang seketika. Beruntungnya aku hidup dinegara kepulauan seindah Indonesia yang menyimpan berbagai keajaiban alam yang keindahannya diakui hingga ke manca negara jadi selalu ada banyak pilihan tempat liburan yang bisa didatangi. Ya …..sejak kecil aku memang punya sebuah mimpi terpendam untuk bisa menjelajahi negeri tercintaku ini hingga kesudut terkecilnya (semoga terlaksana).

Pulau-Semak-Daun5“Memang Nadia mau ngapain liburan kepantai?” aku bertanya pada Nadia yang masih asyik menikmati kalender begambar pantai. Sejenak Nadia diam dan berfikir, “eehmm…. Berenang dan camping ma.” Wah bagus juga tu ide Nadia aku membatin. Segera saja kubuka halaman search engine ku dengan mengetik keyword pantai Indonesia. Sebuah gambar pantai yang biru dan tenang menarik perhatianku. Ternyata ini adalah foto pantai yang ada disalah satu pulau dikepulauan Seribu. Aku nggak ingat apa namanya, tapi seketika itu pula kami berdua jatuh cinta pada keindahan pulau tadi.

Berhubung Kepulauan Seribu jauh dari tempat tinggal kami, butuh perencanaan dan dana khusus untuk mewujudkan mimpi berlibur kesana. So untuk sementara waktu kami hanya bisa menyusun strategi sambil membayangkan berbagai kegiatan seru yang bisa kami lakukan disana. Berbekal informasi dan foto yang kudapatkan dari internet dimulailah petualangan seru kami berlibur dikepulauan Seribu melalui dunia imajianasi khayalan kami.

 

What To Expect When You’re Visiting Kepulauan Seribu?

berenang dipulau seribuMenurut catatan resmi Pemprov DKI ada 110 pulau yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Seribu dengan total luas wilayah mencapai 8,2 km2. Sepertiganya menjadi pulau wisata, yang lain adalah kawasan pemukiman, kawasan penunjang nelayan atau tidak dihuni manusia sama sekali. Udah langsung kebayang aja gimana serunya camping di Pulau tak berpenghuni. Sukses sudah kunobatkan Kepulauan Seribu sebagai destinasi liburan yang sempurna selain karena lokasinya yang tidak terlalu jauh (masih disekitar pulau Jawa), paket wisata yang ditawarkan pun harganya cukup terjangkau, dan banyak aktivitas menarik sekaligus mendidik yang bisa dilakukan. Jadi nggak cuma berlibur dan menikmati keindahan alam saja tapi kita juga bisa memasukkan unsur pendidikan mengenai ekosistem dan berperan langsung dalam melestarikan alam kita tercinta.

dolphinKegiatan pelestarian alam atau nama bekennya ekowisata bahari di Taman Nasional Kepulauan Seribu memenuhi 3 sasaran upaya ekowisata, yaitu: 1. Sasaran Pembelajaran mengenai tujuan konservasi, jenis-jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi, zonasi taman nasional, teknik konservasi. 2. Sasaran Emosional, misalnya munculnya rasa bangga dalam diri pengunjung setelah berpartispiasi dalam kegiatan konservasi, rasa marah terhadap kejadian perburuan satwa dilindungi dan penangkapan ikan dengan cara pengeboman. 3. Sasaran Perilaku, yaitu pengunjung bisa memanfaatkan informasi tentang upaya konservasi yang telah diperoleh dalam bentuk tindakan, diantaranya terlibat aktif dalam kegiatan perlindungan dan penyelamatan. Konsep liburan yang begini ni yang gue bangeettt, fun and educative.

istana kupu2Banyak rencana yang sudah masuk dalam wish lists liburan di Kepulauan Seribu, seperti berenang, snorkeling, diving, naik Banana Boat (sumpah yang satu ini aku udah mupeng banget pengen nyobain), makan seafood sebanyak-banyaknya (sayonara to diet mumpung bisa nemu seafood yang fresh hehehe), camping dan bermalam dipulau Semak Daun, and last but not least ikut berpartisipasi dalam menjaga ekosistem laut dengan menanam mangrove, membantu membantu pelestarian penyu sisik bahkan kupu-kupu. Lho ko bisa ada penangkaran kupu-kupu dipulau terpencil?? Bisa dong…. Kan tadi udah kubilang kalau Kepulauan Seribu memang destinasi liburan favorit. Ternyata di Pulau Pramuka, salah satu pulau dari 78 pulau-pulau sangat kecil di dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu, ada penangkaran kupu-kupu yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu. Memang luas bangunannya nggak seluas taman kupu-kupu di tempat lain seperti di Curug Cilember dan TMII, tetapi kunjungan ke penangkaran kupu-kupu di Pulau Pramuka memberikan pengalaman dan pengetahuan yang tidak kalah menarik dari kedua lokasi tersebut. Aaiihhhh….. makin ngiler aja nih pengen kesana.

Selain berkemah di Pulau Semak Daun dan berekowisata di Pulau Pramuka, ada satu pulau lagi digugusan Kepualau Seribu yang jadi incaran saya kalau insyaallah suatu hari nanti kesampean liburan kesana. Pulau apakah itu??? Yes ….. Pulau Tidung, pulau yang juga jadi favorit para traveler yang datang kemari. Selain terkenal karena konservasi hutan mangroovenya, pulau ini juga kondang kaonang-onang berkat ikon mereka, Jembatan Cinta. Usut punya usut banyak traveler yang nekad terjun dari Jembatan Cinta karena ada sebuah mitos yang menyebutkan kalau kita terjun dari Jembatan Cinta sambil membayangkan someone special maka kita akan berjodoh dengan orang itu. Berhubung daku sudah emak-emak, aku mau membayangkan papanya Nadia aja deh, supaya keluarga kami langgeng dan bahagia dunia akherat, amiinn. Moga-moga aku berani terjun dari Jembatan Cinta, kalaupun esampainya disana jadi keder dan nggak berani ya cukuplah foto-foto berdua disana hehehe…..pulau-tidung

 

Hope for the Future

Yah..itulah imajinasi romantis seorang ibu bersama anaknya tersayang disuatu siang disudut kota Sidoarjo yang panas menyengat. Semoga tabungan liburan segera mencukupi supaya semua angan dan harapan kami tercapai. Indonesia begitu indah siapa lagi yang wajib menjaga, melestarikan, dan mempromosikannya kepada seluruh dunia kalau bukan kita, warga negaranya sendiri. Bangga dan merasa beruntung bisa menjadi bagian dari negara ini. Semoga dengan semakin meningkatnya traveler yang berkunjung ke Kepulauan Seribu maka nama Indonesia akan semakin terkenal sebagai destinasi terbaik dunia. Oh iya.. ingat….ingaaatttt !!! Liburan memang waktunya having fun tapi jangan lupa menjaga lingkungan sekitar ya supaya keindahan Pulau Seribu dan tempat wisata lain di Indonesia bisa terus dinikmati hingga anak cucu kita.

Happy traveling 🙂 printscreen

banner enjoy jakarta
Sumber Tulisan:

http://www.beritapulauseribu.com/berita–kepulauan-seribu-ibarat-hawaii-di-utara-jakarta.html#ixzz2YbytYdHG

http://www.tnlkepulauanseribu.net/

Advertisements

10 thoughts on “Khayalan di Siang Hari: Liburan Seru Di Kepulauan Seribu

  1. Aah.. jadi kapan nih rencana liburannya? Aku suggest ke Pulau Pramuka deh 😉 Belom pernah kesana sih, tapi aku pingin ajak anak kesana, banyak penangkaran yang bisa disambangi. Sukses lombanya yaa

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s