Next Stop: Lombok ;)

Belum juga liburan lebaran dimulai tapi bawaannya udah pengen mulai merencanakan liburan tahun depan (dasar emak-emak tukang jalan). Dari semua destinasi yang sudah masuk wish listku, ternyata Lombok berada diurutan teratas. Rasanya nggak sabar bisa segera mengunjungi tempat yang katanya seindah surga ini. Setelah berburu tiket murah akhirnya kami memutuskan untuk berangkat ke Lombok awal tahun depan, lama bangett yaaa…. Pengenya si akhir tahun ini, tapi budget belum memungkinkan (ngelirik piggy bank), apalagi natal dan tahun baru selalu jadi peak season liburan dan mustahil rasanya bisa dapet tiket murah.

Kenapa kami memutuskan pergi ke Lombok awal tahun depan? Karena insyaallah aku dan suami akan merayakan ulang tahun pernikahan kami yang ketujuh. Berhubung kami belum pernah ngerasain yang namanya honeymoon (keciaan banget cihh) maka liburan kali ini sekalian kami gunakan sebagai momeny honeymoon kami meskipun sudah agak basi heheheh…. Kenapa kami memilih honeymoon di Lombok? Jawabannya mudah saja, karena memang Lombok merupakan pulau yang sangat cantik dan masih terbilang alami dibandingkan dengan Bali. Terbayang sudah betapa Lombok akan menjadi perfect destination bagi  7th anniversary kami tahun depan.

 Berbekal hasil browsing kesana kemari, aku mencoba bikin itinerary acara liburan tahun depan. Ternyata lumayan susah menentukan tujuan selama di Lombok karena semua sudut kota ini memang seindah surga. Kalau nggak mikirin jatah cuti pengennya berlama-lama disana, tapi karena nggak memungkinkan 4 hari kunjungan kami ke Lombok harus dimaksimalkan. Jadi setelah mengingat, menimbang, dan mengukur (isi dompet), akhirnya kami memutuskan akan mengunjungi beberapa tempat yang memang menurut beberapa teman highly recommended

Gili Trawangan, highly recomended di Lombok. sumber foto disini

Gili Trawangan, highly recomended di Lombok. sumber foto disini

1.      Pantai Senggigi

Nama juga pulau, jadi Lombok memang dikelilingi pantai-pantai yang katanya si bahkan lebih cantik dari pantai yang ada di Bali, terutama Pantai Senggigi. Cukup hanya dengan menempuh 10 km perjalanan dari kota Mataram untuk bisa menikmati pantai berpasir putih yang lembut dan indah ini, lebih seru lagi kalau kita bisa dapet moment sunrise atau sunset. Kedua moment itu memang jadi salah satu andalan pantai Senggigi yang paling ditunggu-tunggu wisatawan. Demi sunrise di Pantai Senggigi aku rela banget bangun pagi dan langsung meluncur ke TKP. Menurut saran seorang teman yang memang orang Lombok, sebaiknya cari hotel disekitar Pantai Senggigi aja. Selain ada pusat penjual souvenir khas Lombok, banyak hotel maupun losmen menyebar disekeliling pantai, silakan dipilih sesuai dengan kemampuan kocek aja hehehe. Selesai menikmati Pantai Senggigi jangan langsung beranjak dulu, karena ada 3 pulau kecil yang menunggu untuk dijelajahi.

2.      Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan

Cukup dengan 15 menit perjalanan dengan perahu darii Pantai Senggigi sampai lah kita kesebuah surga. Lombok sendiri  memang dikelilingi oleh banyak gili (pulau kecil), namun memang tiga gili inilah yang namanya sudah kondang hingga kemanca negara. Gili Air, Meno, dan Trawangan ini memang terkenal luar biasa cantik dan bersih, bahkan wisatawan biasanya menyebut gili ini dengan 3NP; No Pollution, No Police, and No Policy. Dari predikat 3NP tadi, aku udah membayangkan mencoba snorkeling ataupun diving. Airnya yang biru dan jernih bagaikan kaca dijamin bikin betah berlama-lama disana. Kebersihan pulau ini memang sangat terjaga dengan baik, kendaraan bermotorpun tidak diizinkan masuk kesini. Jadi untuk para wisatawan yang ingin menjelajahi pulau tiga pulau ini hanya diperbolehkan menggunakan sepeda, jalan kaki, atau mencoba transportasi khas Lombok, Cidamo (kereta kuda). Kayanya seru juga ya sekalian bisa mencoba cidamo, mumpung di Lombok.

3.      Pantai Kuta

Namanya boleh jadi sama seperti Pantai Kuta yang menjadi landmark Pulau Bali, tapi Pantai Kuta di Lombok punya keunggulan tersendiri lho. Keunggulan pertama adalah lokasinya yang ternyata sangat dekat dengan Bandara Internasional Lombok (BIL), cukup 10 menit dari bandara dan kita bisa langsung menikmati pantai ini. Bagus juga kali ya kalau Pantai Kuta jadi gerbang pertama atau tujuan pertama kita di Lombok, bahkan sebelum kita check in ke hotel. Pantai yang letaknya didesa Kuta ini seketika menjadi primadona wisata Lombok seiring dengan pembangunan hotel dan berbagai fasilitas wisata lain disekitarnya. Nggak salah kalau para pebisnis melirik pantai Kuta karena pantai ini memang dikelilingi pasir putih yang sangat lembut, selain itu desa Kuta punya pemandangan yang sangat indah. Nggak cuma selesai disitu aja, denger-denger ada upacara adat suku Sasak yang dilangsungkan dipantai ini setahun sekali. Semoga upacaranya diadakan pas kita dateng ya (ngarep.com).

4.      Narmada

Jangan dikira kalau ke Lombok kita cuma bisa wisata pantai aja lho. Ada sebuah tempat yang bikin aku jatuh hati pada pandangan pertama, walaupun cuma lihat fotonya aja hehehe. Narmada adalah Kebun Raya Lombok. Tepatnya 12 km dari kota Mataram, kita bisa menemukan taman indah yang juga dilengkapi dengan sebuah kolam renang dan Pura yang hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan.

5.      Sukarare

Sebuah desa yang jaraknya sekirat 25 km dari kota Mataram ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi karena desa ini ternyata sentra nya para pengrajin kain tenun khas Lombok. Didesa Sukarare, selain membeli kain tenun yang asli kita juga bisa melihat para pengrajinnya menenun. Yahh…boleh lah kalau mau mencoba-coba menenun, tapi kalau aku sii…berhubung sama sekali nggak berbakat dalam dunia jahit-menjahit cukup melihat dan membeli aja deh.

6.      Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani juga merupakan icon yang nggak mungkin terpisahkan dari Lombok. Nggak lengkap rasanya membahas tempat wisata di Lombok kalau meninggalkan Taman Nasional Gunung Rinjani. Semoga tempat wisata yang satu ini bisa didatengi, karena memang gunung Rinjani adalah salah satu gunung tercantik di Indonesia yang selalu jadi favorit para pendaki gunung.  Ditengah Gunung Rinjani terdapat sebuah danau yang namanya Danau Segara Anak. Pemandangan danau ini kayanya nggak perlu ditanya lagi deh, pastinya sangat  menakjubkan. Gunung Rinjani, terletak di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur.

Taman Narmada, sumber ada disini lho

Taman Narmada, sumber ada disini lho

Nah setelah itinerary siap, tinggal cari hotel untuk menginap. Sebagai destinasi wisata kelas dunia, Lombok selalu dipadati oleh wisatawan baik domesik maupun manca negara. So penting banget bagi travelers untuk booking hotel jauh hari sebelum kedatangan, nggak lucu kan udah jauh-jauh dateng ternyata kehabisan kamar hotel. Nggak perlu pusing kalau nggak ada kerabat atau teman yang rumahnya bisa dijadikan tempat bermalam atau membantu kita booking hotel, ada banyak fasilitas online yang bisa kita manfaatkan, salah satunya adalah voucherhotel.com. Berdasarkan pengalaman sebelumnya memanfaatkan informasi dari voucherhotel.com waktu berlibur ke Jogjakarta tahun lalu, banyak sekali hotel dengan lokasi strategis dan fasilitas lengkap yang bisa kita pilih disini. Tinggal disesuaikan dengan selera dan budget kita aja. Cara mengaksesnya juga mudah, selain dari websitenya kita bisa memanfaatkan BBM (blackberry messenger), WhatsApp, YM, email, yang bisa dibuka dengan menggunakan gadget yang kita punya. Nah kalau kita beruntung, selain mendapatkan rate hotel yang murah, kita juga bisa mendapatkan harga diskon dan promo dari Voucherhotel.com. Nah yang begini ini sangat dicintai oleh para travelers pas-pasan seperti daku hehehe…..

Voucher Hotel Murah Indonesia dan Internasional

Kemanapun tujuan wisata kita, mau dalam negeri ataupun luar negeri, voucherhotel.com selalu siap dengan layanan yang memuaskan. Caranya juga gampang banget, tinggal buka websitenya dan klik kota tujuan kita, setelah itu tinggal dipilih aja hotel yang kita inginkan. Karena tujuan saya kali ini ke Lombok jadi tinggal cari aja kota Lombok didaftar kota tujuan, isi tanggal check in dan check out, setelah itu pilih hotelnya. Lokasi, fasilitas, dan harga sudah tertera kok. (silakan langsung klik disini buat yang pengen ke Lombok juga) Ada banyak sekali pilihan hotel yang ditawarkan di Voucherhotel.com mulai dari hotel bintang lima, boutique hotel, resort, dan lain-lain. keunggulan lain yang ditawarkan voucherhotel.com adalah segi keamanannya. Semua transaksi yang dilakukan disitus ini sudah menggunakan system secure payment processor internasional, so nggak perlu khawatir data-data penting kita akan disalahgunakan. Siip deh kayanya…. Setelah ini langsung meluncur ke voucherhotel.com untuk cari hotel yang pas, semoga bisa dapet diskon, lumayan kan heheheh….

Tiket beres, Itinerary sudah disusun, masalah booking hotel sudah terpecahkan thanks to voucherhotel.com, tinggal nabung buat akomodasi dan transportasi selama disana. Masih ada waktu beberapa bulan lagi untuk berburu hotel murah dan nabung (pake ikat pinggang kuat-kuat). Semoga liburan ke Lombok akan menjadi “the best holiday and honemoon ever.” Happy traveling.

 

Advertisements

16 thoughts on “Next Stop: Lombok ;)

    • Ternyata setelah kubaca org yg g bsa renang ttp bsa diving ko mbak cm hrs latian dlu sama instruktur diving.. Ttp smangat ke Lombok lahh Wlpun g bsa diving bsa snorkeling to… Hehehe… Makasih akhirnya meninggalkan jejak dsni 😉

      Like

  1. LOMBOK

    Terimakasih atas kedatangan anda ke lombok, hehehe saya Bangga banget jadi Orang lombok.

    MASIH BANYAK PANTAI, AIR TERJUN DLL YANG DITAWARKAN OLEH LOMBOK, SEMOGA KAWAN KAWAN BISA KELOMBOK.

    Jika kelombok, hub saya ya, rumah saya 5 KM dari Bandara 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s