Kuliner Khas Timur Tengah di Indonesia

Rasanya pas banget kalau Indonesia suatu saat nanti dinobatkan sebagai surganya pariwisata. Segala kekayaan yang ada dibumi Indonesia ini sepertinya saling melengkapi satu sama lain. Dari mulai keindahan alam, kekayaan budaya, bahasa, bahkan warisan kulinernya, semuanya asyik untuk ditelusuri dan dinikmati. Postingan kali ini aku khusus mau menyorotin kekayaan kuliner Indonesia, terutama yang beraroma Timur Tengah.

Pasti udah tahu dong kalau salah satu cara masuknya ajaran Islam di Indonesia adalah melalui perdagangan yang dilakukan oleh raja-raja yang berkuasa di Indonesia dengan pedagang dari Gujarat dan Timur Tengah. Nah dari hubungan perdagangan itulah, hubungan tersebut kemudian dipererat dengan tali pernikahan. Long story short dari pernikahan antara penduduk asli Indonesia dengan pedagang dari Timur Tengah inilah yang kemudian melahirkan diriku hehehe….

Iya memang diriku ini masih punya darah Timur Tengah dari kedua orang tuaku. Dari darah inilah dimulai perkenalanku sejak kecil dengan makanan yang beraroma Timur Tengah. Banyak dari kita yang sudah mengenal bahkan menggemari makanan khas Timur Tengah, tapi banyak juga yang nggak cocok. Kalau kata beberapa teman si terlalu spicy, padahal kan masakan Indonesia juga hampir semuanya kaya cita rasa ya. Banyak banget makanan khas Timur Tengah yang sudah cukup terkenal di Indonesia, beberapa diantaranya adalah favorit aku juga 😉

1.      Roti Maryam

Roti maryam

Roti maryam

Roti ini biasanya muncul sebagai menu sarapan. Bentuknya si mirip banget sama roti jala dan roti canai (yang ada di Aceh) dan roti Japati (roti India) karena memang pada dasarnya adonannya sama, yaitu dari tepung terigu, telor, dan mentega. Kalau aku paling suka makan roti Maryam dicocol madu atau ditabur gula diatasnya, tapi enak juga kalau dimakan barengan sama kari kambing atau kari ayam. Variasi roti Maryam sekarang banyak banget ada yang ditabur keju dan mesis, ada yang pakai beraneka ragam selai, yang jelas semuanya mak nyuus lahh… kalau di Surabaya roti ini sudah banyak dijual di mall, tapi yang paling enak ada di daerah Ampel (sarangnya orang2 Arab di Surabaya hehehhe).

2.      Sambosa

CurrySamosa

Kue yang satu ini memang belum terlalu tenar ya namanya di Indonesia. Kue yang berbentuk segitiga ini terbuat dari daging cincang yang ditumis dengan bumbu rempah dan cabai hijau, dan dibungkus dengan kulit lumpia. Kalau pensaran pengen nyobain sambosa sekarang banyak sekali yang jual frozen sambosa dengan berbagai isian . Menurutku si tetep yang original ini yang enak. Jangan lupa sediakan cabe rawit buat temen makan sambosa ya.

3.      Nasi Kebuli

sluuuurrruuupppp.... nasi kebuli

sluuuurrruuupppp…. nasi kebuli

Wahh kalau menu yang satu ini dijamin udah pada kenal ya. Nasi kembuli memang nggak pernah absen  disetiap acara besar warga keturunan Arab seperti acara walimah, lebaran dan lain-lain. Aroma dan rasa rempahnya yang kuat memang selalu jadi daya tarik utama nasi kebuli. Biasanya nasi kebuli dibuat dari beras Basmati (beras India). Bentuknya lebih lonjong dari beras yang ada di Indonesia. Saat menanak nasi, bumbu rempah dan daging kambing ikut masuk kedalam nasi. Ada juga cengkeh, kapulaga, pala, dan kismis yang mikin rasa nasi kebuli makin nonjok alias nuampooll. Sebagai pasangan sejati nasi kebuli adalah daging kambing goreng dan acar nanas. Acar yang segar ini terdiri dari potongan nanas, bawang merah, dan daun salam koja, cocok banget sebagai penetralisir lemak dari daging kambing. Kalau pas lagi jalan-jalan dan nemu restoran yang jual makanan khas timur tengah jangan lupa nyobain nasi kebuli ya ditemani acar nanas dan teh mint ya

4.      Nasi Tomat

Apa pula ini bedanya sama nasi kebuli. Sebenernya bumbu rempahnya hampir sama si, Cuma bedanya nasi tomat nggak dimasak dengan air seperti nasi pada umumnya tapi dengan jus tomat, aneh ya ?!? Aneh buat yang belum kenal, tapi kalau udah kenalan dijamin doyan dan ketagihan deh. Nasi ini jelas sehat ya karena mengandung banyak serat dari tomat, jadi nggak perlu takut gendut deh. Pasangan nasi tomat biasanya daging kambing goreng, sambal goreng ati, dan acar nanas.

5.      Marak (Gulai Kambing

Memang bener kalau makanan khas Timur Tengah nggak jauh dari pemrkambingan, termasuk gulai yang satu ini. Sedikit berbeda dari gulai Jawa yang menggunakan santan, gulai kambing khas Arab ini ringan tanpa santan. Warnanya kekuningan dan tetep nuampoll rasa rempahnya. Gulai kambing atau orang Arab biasa menyebut marak selalu jadi menu wajib saat lebaran. Enak juga dimakan dengan lontong atau ketupat kok.

6.      Kopi Arab

kopi Arab yang sedep dan wangi

kopi Arab yang sedep dan wangi

Kalau yang ini pecinta kopi harus alias wajib nyoba! Kopi Arab yang saya maksud bukan kopi jenis Arabica lho ya. Kopi Arab yang ini sesungguhnya kopi Robusta biasa cuma racikannya yang luar biasa hehehe…. Selain ramuannya yang luar biasa cara membuat kopi ini bukan diseduh melainkan direbus bersama airnya. Yupp… caranya persis sama seperti membuat kopi Ulee Kareng (kopi Aceh). Nah sewaktu kopi dimasak bersama air, saat mulai panas masukkan kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Buat yang nggak suka kopi pahit silakan ditambah gula, nggak pun tetep mantab kok. Udah langsung kebayang kan gimana rasa dan aroma kopi Arab???

 

Sebenernya masih banyak lagi masakan beraroma Timur Tengah yang rasanya mak nyuuusss ntar deh kita anjut dipostingan berikutnya. Silakan berburu beberapa menu yang sudah saya sebutkan diatas. Kalau dikota anda nggak ada restoran khas Arab, singgah aja kekampung Arab, pasti disana banyak yang jualan. Selamat mencoba ya….. bonapetite !!!

Advertisements

35 thoughts on “Kuliner Khas Timur Tengah di Indonesia

  1. tapi yang paling enak ada di daerah Ampel (sarangnya orang2 Arab di Surabaya hehehhe) <- Aku pernah juga ke sana! Dan emang enaaaakkk..

    Penasaran deh sama nasi kebuli. Belum pernah makan euy..

    Like

  2. membaca artikel ini bayanganku langsung meluncur ke daerah Sasak atau perkampungan Arab di dekat makam Sunan ampel, segala macam kuliner khas timur tengah bisa didapatkan disana, semuanya ada dari roti mariam nasi kebuli, gulai kacang ijo dll ada disana, cuman yang penasaran kopinya, belum pernah coba…

    Like

  3. roti maryam itu rasanya juga mirip dengan rasa roti canai ya mbak? ngelihat fotonya aku jadi laparr dan jadi pengen makan semuanya hehehehe..

    salam kenal ya mbak ^^

    Like

  4. Hai muna..ketemu di sini kita 🙂

    Wah postingannya bikin super ngiler berat, favorit aku nasi kebuli, suka banget…
    Kalo nasi goreng kambing itu masuk kuliner arab juga ga ya? Kan bumbunya juga rempah2 mirip di nasi kebuli…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s