Kenangan Indah Dipuncak Gunung Ungaran

Alhamdhhulilah… akhirnya sampai juga rombongan kami ke Umbul Sidomukti. Sebuah tempat wisata yang terbilang baru dan lagi naik daun, terutama didaerah Jawa Tengah.  Umbul Sidomukti terletak di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Medan untuk menuju lokasi ini memang lumayan berat. Hanya ada satu jalan yang sudah reyot dan sangat sempit. Hanya mobil pribadi, elf, dan bis kecil saja yang bisa melewati jalanan mungil dan menanjak ini. Tapi semua pengorbanan terbayar lunas begitu kita sampai di Umbul Sidomukti.

Hampir saja kami membatalkan rencana outbound bersama mahasiwa karena mengkhawatirkan keselamatan mereka. Menurut cerita banyak orang, track yang dilalui dari Bandungan hingga sampai ke Umbul Sidomukti memang berat. Hanya supir yang nekad dengan jam terbang mulus yang bisa menghadapi track ini. Apa mau dikata rencana sudah disusun, anak-anak pun tak sabar ingin segera mengunjungi Umbul Sidomukti. Akhirnya setelah beberapa telpon dan mencari bis mungil dengan supir yang kemampuannya mumpuni, bismilah, aku sampaikan keteman-teman lainnya kalau rencana kami membawa mahasiswa kesana bisa terlaksana.

dearest students ready to explore Umbul Sidomukti

dearest students ready to explore Umbul Sidomukti

menjelajahi bukit

menjelajahi bukit

Ya.. saat itu, aku lupa tepatnya tahun berapa, aku masih mengajar sebagai dosen dan staff di UPT. Bahasa Internasional, di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Setiap tahunnya kami mengajak mahasiswa yang juga menjadi tentor bahasa Inggris berlibur setelah satu tahun bersusah payah menjadi kepanjangan tangan kami memberikan tambahan pelajaran bahasa Inggris kepada mahasiswa baru. Program Tutorial Bahasa Inggris adalah program tahunan yang cukup menguras tenanga dan pikiran kami di UPT. Bahasa. Kami merekrut mahasiswa senior untuk membantu adik-adiknya belajar bahasa Inggris, sebuah pekerjaan yang sangat berat dan penuh tantangan namun mereka kerjakan dengan penuh semangat. Itulah mengapa kami ingin mengapresiasi usaha mereka dengan memberikan mereka liburan yang seru. Pilihan jatuh pada Umbul Sidomukti yang terletak digunung Ungaran. Selain lokasi yang tak terlalu jauh, budget bersahabat, keindahannya juga cetar membhahanaa… Thanks God semua jerih payah kami para panitia berhasil menerbitkan senyum diwajah mahasiswa kami tercinta. 🙂

view dari puncak Gunung Ungaran

view dari puncak Gunung Ungaran

Hari masih pagi ketika kami sampai di Umbul Sidomukti, cuaca pun cerah bersahabat. Tim outbound dari Umbul Sidomukti sudah siap dengan agenda mereka. Berhubung Nadia nggak mau ditinggal dan udah nggak sabar nyemplung dikolam renang yang airnya luar biasa dingin, aku nggak ikut bergabung dengan kegiatan outbond anak-anak. Bukannya takut, cuma aku harus menyiapkan makan siang mereka dan berburu foto-foto cantik disini, ngeles.com hehehe. Di Umbul Sidomukti ada Flying fox dengan panjang lintasan 110 meter, dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah sekitar 70 meter. Flying fox ini akan membawa kita terbang menyeberangi lembah, seakan berpindah dari lereng bukit ke bukit di seberang dengan bergantung pada dua utas tali. Selain mencoba flying fox yang menguras adrenalin, track outbond yang disediakan disini cukup menantang lho. Peserta harus berjalan menyusuri naik turun bukit, melewati arus sungai yang deras, seru lah pokoknya, nyesel juga nggak ikutan mereka. Oya selain outbond ada juga mobil ATV yang siap mengantar kita keliling Umbul Sidomukti. Aku sih Cuma mengintip dari kejauhan sambil menyiapkan makan siang anak-anak, seru sih sepertinya bawa mobil ATV dijalan yang tracknya cukup berat dan berlumpur.

Kalau males ikutan outbond bisa berenang dikolam renang yang airnya bersumber dari mata air di Gunung Ungaran. Bbbrrr…… duingiinn menusuk tulang seketika. Kolamnya pun bukan kolam pada umumnya yang biasa kita jumpai di Water Park atau kolam renang umum. Kolam di Umbul Sidomukti terbagi dalam empat kedalaman berbeda dan dihiasi batu-batu alam disetiap sisinya. Entah kenapa Nadia tahan juga berenang disitu padahal badan dan bibirnya sudah berubah jadi biru semua hihihi… Sambil berenang dan menikmati air yang jernih dan dingin kita bisa menikmati panorama Gunung Ungaran yang cantik sekaligus melongok kota Semarang dari atas gunung, swiiippp dehhh.

Menjelang sore, dalam guyuran hujan kami meninggalkan Umbul Sidomukti dengan setumpuk kenangan indah. Alhamdhulilah anak-anak puas bersenang-senang disini meskipun acara terpaksa terhenti karena hujan yang datang tiba-tiba. Acara hari itu sangat berkesan dalam ingatanku bahkan hingga saat ini. Sekat antara dosen dan mahasiswa lebur sudah berganti menjadi keakraban yang hangat. Sampai detik ini aku selalu mengenang liburan bersama mereka. Aku mungkin sudah pergi meninggalkan mereka, namun wajah dan keceriaan mereka masih lekat dalam ingatanku terbungkus selimut rindu. Semoga mereka masih mengingatku, dengan kenangan yang baik pastinya.

kolamnya bertingkat-tingkat ya

kolamnya bertingkat-tingkat ya

umbul sidomukti

berhubung ga punya foto yg cukup bagus, jadi minjem dari sini

PS: tulisan ini ditujukan untuk seluruh sahabat tercinta di UPT. Pengembangan Bahasa Internasional Unissula dan mahasiwaku tersayang. I love you and I miss u all so much. 🙂

Advertisements

14 thoughts on “Kenangan Indah Dipuncak Gunung Ungaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s