Batu Secret Zoo, the Best Zoo in Indonesia

jatim park 2Ponakan jauh-jauh datang dari Jakarta, enaknya dibawa kemana ya? Semingguan kemarin sibuk mikirin pengen nyenengin 2 ekor keponakan yang datang dari Jakarta. Sebagai tante yang baik budi dan tidak sombong, pengen banget nyenengin mereka. Kedua ponakan ini jarang-jarang keluar rumah berkat kesibukan emak bapaknya, beda banget sama Nadia yang emak bapaknya yang kerjaannya ngider melulu. 😉 Setelah dipikir-pikir, Nadia dan dua sepupunya ini memang doyan kekebun binatang, so berangkatlah kami menuju Batu Secret Zoo. 🙂

Tidak banyak perubahan sejak kedatangan kami ke Batu Secret Zoo tahun lalu, kecuali harga tiket masuknya yang kian mahal. 😦 kalau tahun lalu kami membayar Rp. 80.000 tahun ini sudah naik menjadi Rp. 90.000. sebenernya harga tiket masuk itu kalau dipikir worthed juga si, untuk tempat seluas Batu Secret Zoo dan Museum Satwa lengkap dengan wahana permainan anak-anak yang seru. Ya wes lah beberapa bulan ini kami sudah mengembara, menjelajah bumi Indonesia, sekarang boleh lah nyenengin bocah-bocah dikebun binatang.

eco parkBeda banget sama Kebun Binatang dikota Surabaya yang nggak terawatt (nggak usah sebut nama yah), Batu Secret Zoo sangat indah dan megah, konsepnya pun tertata dengan apik dan rapi. Terdapat kurang lebih 2000an ekor satwa yang terdiri dari 100 spesies. Binatang mulai dari yang kecil dan belum pernah kita temui sebelumnya, binatang albino, hingga raja rimba melengkapi koleksi kebun binatang ini. Kandangnya pun dibuat ramah dan menarik sehingga anak-anak bisa menikmati binatang kesayangan mereka dari dekat. Tak jauh dari pintu masuk kita sudah bisa mendengar teriakan Owa Jawa yang luar biasa kerasnya, ada juga beberapa spesies kera, beberapa diantaranya tergolong langka. Ketiga anak-anak yang doyan banget nonton film “Madagascar” langsung heboh saat melihat meerkat (King Jullian) yang sedang asyik bermain dikandangnya yang didesain seperti ruangan kelas anak-anak TK.

yang lagi asyik menikmati tidur siang

yang lagi asyik menikmati tidur siang

Ada juga Aquarium dengan koleksi ikan air tawar dan air laut. Bersebelahan dengan aquarium ada ruangan khusus ular dengan berbagai spesies…langsung merinding aja begitu masuk sini. Kalau yang doyan film horror bisa nonton salah satu show disini, yaitu pertunjukan dari King Cobra yang lagi makan saudaranya sendiri, alias kanibal, hiii… ngerinya. Anak-anak yang takut melihat ular-ular besar itu langsung kabur. Kami lanjut kekolam bebek dan flamingo, disitu anak-anak bisa sepuasnya memberi makan satwa yang ada disana.

DSC_0103

Setelah puas mengobservasi dan terpesona dengan ratusan spesies binatang yang lucu-lucu, kami masuk kebagian Savanah. Disini binatang-binatang asal Afrika sudah menanti kita. Ada gajah, wildebeest, antelop, zebra, dan banyak lagi. Ada juga raja rimba yang sedang asyik dengan tidur siangnya. Binatang favoritku, Harimau pastinya juga ada disana. Mulai dari Harimau Bengala yang gagah dan ganteng, Harimau Sumatra, Harimau China, hingga Harimau putih hidup sehat disana, dua ekor anak harimau Sumatra pun dilahirkan disini tahun lalu. Sejak dulu aku memang penggemar berat harimau. Mungkin karena harimau merupakan kakek buyut dari kucing (mirip kan), juga karena sosoknya yang misterius dan anggun, nggak pernah bosan rasanya menikmati keindahan mereka.DSC_0277

Oya satu kelebihan dari batu Secret Zoo selain konsepnya yang menarik adalah rutenya yang teratur, stroller friendly, dan ramah untuk semua orang. Kubilang ramah karena meskipun dari awal jalannya menanjak tapi pengunjung nggak merasa ngos-ngosan karena jalannya cukup landai. Bagi orang yang nggak kuat berjalan dengan rute panjang ada E bike yang bisa disewa seharian dengan biaya Rp.100.000, tapi kami sih jalan aja lah, lumayan olah raga hehehe. Sampai dipuncak tertinggi Batu Secret Zoo, anak-anak yang sudah mulai ngomel karena capek kembali bersemangat begitu melihat hamparan play ground dengan beberapa karakter Disney yang sangat mereka kenal. Ada juga water park yang lumayan besar dengan air gunung yang dingiin banget, seger tapi. Semua permainan sukses mereka coba, sekarang giliran para bapak dan simbok yang mulai gempor hiks… untunglah sambil memantau anak-anak main kita bisa duduk sejenak. Udara kota Batu yang sejuk juga sangat membantu kita, rute panjang yang harus kami selesaikan jadi tak terasa berat  lagi.

Berhasil menyelesaikan tantangan rute pertama di Batu Secret Zoo, langsung lanjut ke Museum Satwa. Bentuk bangunannya mirip dengan beberapa museum di Eropa, sangat indah dan megah. Beda banget lah sama kebanyakan museum di Indonesia yang terkesan kuno dan horror. Didalam museum  ada banyak jasad binatang yang diawetkan, ada juga diorama (patung buatan manusia). Selain diorama binatang yang juga tak kalah lengkap dengan koleksi dikebun binatang, ada satu pertunjukan menarik di Museum. Pengunjung disuguhi dengan cerita mengenai kehidupan bianatang dizaman Es (jadi keinget Ice Age deh), dilengkapi dengan pesan-pesan kepada manusia untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan demi kelanjutan hidup para binatang.Selesai pertunjukan ada kejutan menarik lho, hujan gelembung seketika muncul dari segala penjuru ruangan. Anak-anak langsung heboh berlarian kesana kemari mengejar gelembung yang beterbangan. Moga-moga mereka ingat pesan untuk selalu bersahabat dengan alam yah.

Museum Satwa di Bantu Secret Zoo

Museum Satwa di Bantu Secret Zoo

Batu Secret Zoo jelas termasuk salah satu Kebun Binatang terbaik di Indonesia, semoga akan begitu seterusnya. Senang sekali membawa anak-anak ke kebun Binatang, mereka bisa menyaksikan sendiri betapa banyak binatang yang ada didunia ini, salah satu karunia Allah yang harus kita syukuri. Semua binatang itu tentunya ingin hidup dengan bahagia, layaknya manusia. Semoga manusia bisa lebih bersahabat dengan alam, mencintai dan menghargai alam sehingga anak cucu kita kelak masih bisa menikmati alam Allah yang indah dan menakjubkan ini, amiinn. Happy Traveling. 🙂

DSC_0051DSC_0137DSC_0208

Advertisements

6 thoughts on “Batu Secret Zoo, the Best Zoo in Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s