The Art of Body Painting (Henna)

Inai atau yang biasa dikenal dengan Pacar adalah salah satu jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan untuk mempercantik diri, terutama pada kaum Hawa. Inai atau pacar memiliki nama ilmiah Lawsonia inermis, termasuk anggota tanaman dari Famili Lythraceae. Inai atau Henna telah dikenal cukup lama dalam dunia Arab sebagai salah satu kosmetik untuk mewarnai kuku dan rambut wanita. Kalau jaman dulu sebelum menggunakan Inai harus melalui proses yang rumit (menumbuk daun, lalu dicampur dengan beberapa bahan), sekarang kita bisa menggunakan Inai yang siap pakai, yaitu Henna. Henna yang berbentuk pasta dengan beberapa varian warna ini sangat mudah digunakan lho. ๐Ÿ™‚ย 

Sejarah Inai/Henna

Lawsonia_inermis_(Mehndi)_in_Hyderabad,_AP_W_IMG_0527Pernah melihat tanaman Inai? Tanaman Inai termasuk dalam jenis tanaman semak (tanaman kecil) dengan bentuk bunga yang lembut dan mungil dengan banyak variasi warna seperti merah, merah muda dan putih. Oleh orang India Barat, Inai disebut sebagai Jamaika Mignonette atau disebut juga Egyptian privet. Walaupun awalnya lebih dikenal sebagai bahan untuk mempercantik diri, seperti membantu mewarnai rambut maupun mewarnai kuku serta sebagai penghias tangan dan kaki, namun henna ternyata memiliki berbagai manfaat lain. Dipostingan kali ini kita khusus membahas Inai atau Henna sebagai kosmetik aja yah. ย Bubuk Henna punya bau khas yang sangat kusuka, kuat dan menyengat seperti kombinasi antara bau tanah, kapur, dan dedaunan basah.

Henna ternyata berasal dari budaya Mesir kuno. Bukti adanya tradisi pemakaian Henna pada wanita Mesir Kuno terlihat pada jari-jari tangan dan kaki mumi-mumi yang ditemukan di Mesir, sampai sekarang Mesir merupakan negara sebagai pemasok utama tanaman tersebut (bersama dengan India, Maroko, dan Sudan). Tradisi memakai Henna ini ternyata meluas hingga ke tanah Arab dan Afrika. Dikalangan muslimah, penggunaan Henna rupanya sangat digemari, karena selain dapat mempercantik penampilan rupanya Rasulullah SAW men sunnah kan pemakaian Henna lho. ๐Ÿ™‚

ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ โ€“ ุฑุถู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง โ€“ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ุฃูŽูˆู’ู…ูŽุชู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ูˆูŽุฑูŽุงุกู ุณูุชู’ุฑู ุจููŠูŽุฏูู‡ูŽุง ูƒูุชูŽุงุจูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ููŽู‚ูŽุจูŽุถูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูู‰ู‘ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูŠูŽุฏูŽู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูู‰ ุฃูŽูŠูŽุฏู ุฑูŽุฌูู„ู ุฃูŽู…ู’ ูŠูŽุฏู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู ยป. ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ุจูŽู„ู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉูŒ. ู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ู„ูŽูˆู’ ูƒูู†ู’ุชู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู‹ ู„ูŽุบูŽูŠู‘ูŽุฑู’ุชู ุฃูŽุธู’ููŽุงุฑูŽูƒู ยป. ูŠูŽุนู’ู†ูู‰ ุจูุงู„ู’ุญูู†ู‘ูŽุงุกู.

Dari Aisyah RA, โ€œAda seorang perempuan menyodorkan sebuah surat kepada Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam dari balik tirai. Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menarik tangan beliau sambil berkata, โ€˜Aku tidak tahu apakah ini tangan laki-laki ataukah tangan perempuanโ€™. Perempuan tersebut menjawab, โ€˜Bahkan tangan perempuanโ€™. Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda, โ€œJika engkau memang perempuan tentu engkau akan mewarnai kukumuโ€ yaitu dengan pacar

(HR Abu Daud no 4166, dinilai hasan oleh al Albani).

Selain untuk mewarnai kuku, perempuan Muslim menghias tangan dan kakinya dengan Henna pada acara special, seperti acara pernikahan. Rupanya tradisi โ€œmentatoโ€ tubuh dengan Henna ini masih dilestarikan hingga detik ini bahkan meluas hingga ke Indonesia.

henna art

Henna yang kupakai waktu nikah dulu ๐Ÿ˜‰

Pemakaian Henna di Indonesia

Entah kapan dan oleh siapa tradisi melukis tubuh dengan Henna ini bisa meluas ke tanah Indonesia, terutama pada adat Melayu. Tradisi pemakaian Henna ini bisa kita lihat pada berbagai event special seperti acara pernikahan. Beberapa wilayah yang melestarikan budaya ini adalah Aceh, Padang, serta beberapa wilayah lain di Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Kalau di Jawa si biasanya diteruskan oleh para keturunan Arab yah. Apabila pada adat pernikahan Jawa ada malam Midodareni yaitu memperingati malam terakhir seorang perempuan sebelum resmi menjadi seorang istri, pada adat pernikahan keturunan Arab di Indonesia ada malam pacar. Wah apalagi tuh?

Beberapa hari sebelum pernikahan biasanya mempelai wanita sudah mulai melakukan perawatan tubuh, salah satunya adalah melukis tangan dan kakinya Henna. Dulu si butuh waktu dua sampai tiga hari agar Henna terlihat tebal dan indah, tapi sekarang cukup satu hari aja. Kebayang kan, dua hari mempelai harus duduk manis sementara tangan dan kakinya dilukis dengan Henna all day long. Supaya terlihat indah, proses pelukisan dilakukan dua kaliโ€ฆhaddeeeuuuhhh pegel banget rasanya. Nah kembali ke malam pacar, dimalam ini selain ada pengajian dan beberapa nasehat mengenai rumah tangga, mempelai wanita akan menyelesaikan proses pelukisan tubuhnya sambil menikmati music Gambus. Biasanya keluarga akan menyewa grup Gambus yang biasa menyanyikan lagu-lagu Arab sambil menari Zaffin (tarian padang pasir). Hanya perempuan saja yang boleh masuk dan menemani calon mempelai wanita, sedangkan para tamu pria boleh ikut menari atau sekedar menikmati hidangan diluar (calon mempelai pria dilarang bergabung). Terbayang ya gimana riuh rendahnya. Penyanyi-penyanyi berwajah Arab yang ganteng menari Zaffin dengan dikerubungi gadis-gadis. ๐Ÿ˜‰

Kalau dulu tradisi Henna ini hanya ada pada keluarga keturunan Arab dan Melayu, sekarang banyak mempelai wanita yang memakainya. Aku sendiri termasuk penggemar Henna. Berbekal pasta Henna yang sekarang bisa dibeli ditoko-toko, disaat senggang aku suka mewarnai kuku tanganku. Suamiku yang orang Aceh tulen, rupanya senang melihat istrinya pakai Henna, jadilah kebiasaan ini rajin kulakukan. Penampilan makin cantik, dapet pahala pula karena nyenengin suami, sip yah. ๐Ÿ˜‰ Sekarang inipun dibeberapa mall ada booth yang menyediakan jasa melukis tangan dan kaki dengan Henna, jadi kalau males pakai sendiri ada yang siap membantu.

Saat traveling ke Banda Aceh, aku sempet pakai Henna disebuah taman yang nggak jauh dari Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Cuma bayar Rp.20.000, kedua tangan udah cantik, warna dan modelnya pun bisa dipilih sendiri lho. Selain di Aceh, dibeberapa tempat di Bali juga ada jasa โ€œtattooโ€ dengan Henna, boleh juga lho sekali-kali mecoba. Pasta Henna ini keringnya cepet kok, nggak sampai satu jam pasta sudah mongering dan gambarnya sudah terlihat jelas. Kalau pastanya berkualitas baik, lukisan ditangan dan kaki kita bisa tahan sampai dua mingguan (kalau kita males mandi makin lama sih heheheh).

oleh2 dari Banda Aceh ;)

oleh2 dari Banda Aceh ๐Ÿ˜‰

Asyik ya ber Inai ria, makin cantik dan dapet pahala juga. Eiittsssโ€ฆtapi jangan terus dipamerin kesana-kesini yah, kecantikan kita hanya boleh dinikmati suami atau muhrim kita lainnya. Yuk ah kita pakai Henna sekarang. ๐Ÿ˜‰

Advertisements

16 thoughts on “The Art of Body Painting (Henna)

    • siipp beneran dicoba yah…keringnya nggak lama kok. sambil jalan kena angin kering deh, lumayan lah bisa bertahan sampe 8harian dulu aku.
      oya pas di Bali aku bikinnya di Kintamani mak, jangan lupa nawar yah, kadang yg jual nawarinya kemahalan ๐Ÿ˜‰

      Like

  1. dulu waktu kecil sering main pacar-pacaran tapi dari daun bunga (lupa nama bunga nya), tapi ko rasanya beda bentuk dg foto pohon inai di atas. hhihi..

    nice share, ๐Ÿ™‚
    salam hangat dari Bandung

    Like

    • kalau nggak salah Inai emang ada beberapa jenis mak, mungkin yg dirimu pake waktu kecil jenisnya beda ma yg ini yah (sotoy hehehe)
      sekarang sih nggak repot pake Inai, ada pasta Henna lebih praktis ๐Ÿ˜‰
      makasih sudah berkujung ๐Ÿ™‚

      Like

    • Kalau Henna aman pakdhe, air wudhu bisa menyerap masuk kekulit, makanya memakai Henna disunnahkan Rasulullah ๐Ÿ™‚
      makasih juga sudah berkunjung pakdhe,
      salam sumuk dari Sidoarjo ๐Ÿ˜‰

      Like

    • Ada mak, aku pernah liat dimall ada yg jual cetakannya. kalo kita telaten tgl beli Henna pastanya trs cetak sendiri ditangan, kalao males ya cari yg bisa gambarin. Di Surabaya ada kok, makanya main kesini ๐Ÿ˜‰

      Like

    • hehhe..iya mak buat seru2an aja ma anak2. sekarang malah udah banyak contoh gambarnya kok, tinggal ditiru ajah, kalo males di mall juga banyak stand2 yang menyediakan jasa pasang Henna ๐Ÿ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s