Museum Kata Andrea Hirata: Indonesia’s Most Inspiring Museum

andrea hirataBelitung, sebuah kota yang identic dengan salah seorang penulis kesayanganku, siapa lagi kalau bukan Andrea Hirata, mennjadi tujuan traveling ku kali ini. Andrea Hirata dan Tetraloginya telah mendunia dan diterjemahkan dalam beberapa bahasa. Aku ingat banget, kepincut sama buku ini jauh sebelum buku ini jadi best seller di Indonesia. Begitu baca, rasanya seperti sedang berada di alam Belitung yang sesungguhnya. Tutur bahasa dan ceritanya yang manis bikin hati ini makin tersihir dan yakin akan kekuatan mimpi. Ya.. seperti kata Andrea Hirata, “Dream for God will embrace your dreams,” aku percaya betul dari dari sebuah mimpi lah cita-cita kita berawal, dan dengan mimpi tak ada yang mustahil di dunia ini.

Dalam itinerary ku selama liburan di Belitung, Museum Kata milik Andrea Hirata ini sudah pasti jadi prioritas utama. Jangan membayangkan lokasi museum ini ada di pusat kota dengan bangunan yang luas dan megah. Museum ini terletak di Jalan Laskar Pelangi no. 7, Desa gantong, tepatnya di tengah perkampungan warga di Belitung Timur. Di rumah ini pulalah sang pujangga dilahirkan dan menghabiskan masa kecilnya. Bangunan Museum ini berupa rumah adat khas Melayu, sederhana tapi sangat mempesona. Entah kenapa setiap ruangannya memancarkan kekuatan mimpi dan semangat meraih mimpi. Merinding rasanya bisa sampai disini, mungkin sedikit lebay sih, namanya juga fans berat Andrea Hirata, bisa menginjakkan kaki di tanah Belitung dan datang ke Museum Kata …. Hhmmm…berjuta rasanya. 😉

Welcome Room 2-kSetiap ruangan dibuat tematik sesuai tokoh-tokoh yang berperan penting dalam kehidupan Andrea Hirata, mulai dari ruangan ayah, ruangan Lintang, ruangan Mahar, dan lain-lain. Setiap ruangan pun berisi foto-foto dan bebarapa cuplikan adegan baik dari novel maupun film Laskar Pelangi. Sebagian besar interiornya bergaya kuno, ada perabot kursi kayu dan beberapa perabot kuno yang memang menjadi ciri khas masyarakat setempat. Di setiap ruangan dapat kita lihat karya-karya Andrea Hirata terpampang, mulai dari cerpen hingga cover buku-buku nya dalam berbagai versi. Ingat nggak sebuah poster kesayangan ikal bergambar Rhoma Irama? Ada juga lho disini, nggak ketinggalan juga puisi patah hati yang ditulis Ikal dan ditujukkan kepada cinta pertamanya, gadis cantik keturunan Tiong Hoa, A Ling.

world class writer roomsalah satu ruangan di museum

Ada pula ruangan tempat penulis-penulis besar dunia dengan karya besarnya terpampang, seperti J.K Rowling, Umberto Eco, dan masih banyak lagi. Beberapa diantaranya mungkin jadi sumber inspirasinya Andrea Hirata. Pastinya foto dan karya Andrea Hirata pun ada di ruangan ini, hebat yah penulis Indonesia bisa sejajar kedudukannya dengan penulis kenamaan dunia. 🙂

Menurutku setiap ruangan di museum ini punya sisi menarik dengan caranya sendiri. Ada satu bagian yang paling membuatku terpesona, yaitu sebuah ruangan dimana tergantung sebuah sajadah dan tasbih. Aahh… jadi teringat betapa ajaran agama Islam begitu kental terasa dalam cerita ini, dan keyakinan pada kebesaran Allah juga lah yang pastinya mengantarkan Ikal menuju sukses. Benar-benar sebuah museum yang sangat indah, tak hanya dari segi arsitektur bangunan dan isinya, tapi semangat dan harapan terpancar dari setiap sudut ruangan.

museum kata

words by ANdrea HirataRuangan Mahar, letaknya memang seidikit terpisah dengan Ruang Lintas dan Ruang Ikal. Mahar memang salah satu kawan Ikal yang sosoknya rada ajaib dan mistis. Di ruangan ini kita bisa lihat beberapa bentuk kesenian dan tokoh-tokoh yang menjadi inspirasi si Mahar. Setelah melewati ruang Mahar, sampailah kita di dapur. Ruangan ini bukan hanya sekedar dapur biasa. Dapur di museum ini disulap menjadi sebuah warung kopi yang menyajikan kopi kuli, masih inget dong cerita kopi kuli di nnovel Laskar Pelangi? 🙂 Semua pengunjung museum bisa menyeruut kopi kuli sambil menikmati isi museum. DSC_0128


Museum Kata Andrea Hirata menjadi museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia. Museum ini didirikan secara pribadi oleh Andrea Hirata sendiri pada tahun 2012 dan pengunjungnya sama sekali nggak dikenakan biaya. Dalam bangunan sederhana inilah kita bisa belajar menghargai sebuah karya sastra dan bagaimana sebuah karya sastra yang ditulis dengan hati itu dapat merubah jalan hidup seseorang. Nggak salah apabila museum ini mengambil tag line, Indonesia’s Most Inspiring Museum. Puas berkeliling di seluruh penjuru museum, aku keluar dengan semangat baru. Insyaallah… dengan semangat dan tekad baja aku juga pasti bisa meraih mimpiku menjadi seorang penulis, sama seperti si empunya museum keren ini.
🙂 Semoga semakin banyak masyarakat Indonesia yang menghargai dan mencintai karya sastra, baik dalam maupun luar negeri.  Happy traveling 🙂

PS: beberapa foto diambil dari http://museumkataandreahirata.blogspot.com/

 

Advertisements

11 thoughts on “Museum Kata Andrea Hirata: Indonesia’s Most Inspiring Museum

  1. wuih kereeen..
    ketemu sama para laskar pelanginya ga mbak muna hahaha
    mesti seneng deh kesampaian ke tempat yang diinginkannya.
    sip mbak semoga cita2 jadi penulis handal terkabulkan

    Like

  2. Museumnya sederhana tapi bersih ya Bu. Minum kopinya gratis juga atau bayar, Bu? Saya doakan ibu bisa menjadi penulis seperti yang Ibu cita-citakan. Judul pertama mungkin bisa menggunakan frasa “Laskar Pelabuhan”, terus disusul “Sang Pemimpin, lalu E-tentor, dan sebagainya….Moga2 oleh2nya sampe ke Bogor 🙂

    Like

  3. Saya baru tau ternyata ada toh museum kata Andrea Hirata. Asyik banget keknya. Ehm, tradisional juga ya, Mbak. Itu tuh ada tikar yang anyamannya rusak di bagian ujungnya 😀

    Like

  4. Pingback: Napak Tilas Laskar Pelangi di Belitung | momtraveler's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s