Ngaso di Masjid Cheng Ho, Pandaan

Rasanya hampir semua penduduk Jawa Timur sudah nggak asing lagi dengan masjid berwarna merah ini. Letaknya yang berada di pinggir jalan raya Surabaya โ€“ Malang, tepatnya di kota Pandaan, menjadikan masjid ini selalu ramai pengunjung setiap saat. Kalau diingat-ingat sepertinya belum pernah aku ke masjid ini tanpa melihat tempat parkir yang penuh sesak.

kakekbodo-101Masjid Cheng Ho memang jadi salah satu pemberhentian favorit orang-orang yang melintasi jalan raya ini, termasuk aku. Awalnya sih tertarik sama arsitektur masjid yang berbeda dengan masjid lain, lama kelamaan jadi terbiasa berhenti di Masjid Cheng Ho untuk shalat dan istirahat sepulang traveling. Masjid ini bersih dan adem, mungkin karena atapnya yang tinggi, enak lah buat leyeh-leyeh setelah seharian ngebolang kesana kemari. ๐Ÿ˜‰

Setelah melakukan penyelidikan yang cukup mendalam (halaaahh), ternyata masjid ini di bangun oleh persatuan Mualaf yang ada di Jawa Timur. Masjid Cheng Hoo Pandaan di bangun pada tahun 2003 lalu. Luas bangunannya sekitar 50 x 50m, dan terdiri dari dua lantai dua lantai.Masjid ini berwarna merah dengan perpaduan interior khas budaya Jawa dan China. Masjid Cheng Hoo. Nama masjid ini diambil dari seorang Laksamana asal China bernama Cheng Ho yang beragama Islam. Sosok yang pas sekali mewakili komunitas mualaf yang ada di Indonesia terutama yang berdarah China.

masjid ceng hoo-10

ย 

Mengingat masjid ini tak pernah sepi pengunjung, pemerintah daerah Pandaan akhirnya melengkapi masjid ini dengan beberapa fasilitas pendukung, seperti warung dan kios penjual souvenir. Setelah jam shalat berakhir gantian kios-kios yang berada di sekitar tempat parkir yang kebanjiran pembeli. Bener banget kalau masjid itu tempat yang barakah, penjual yang mangkal di sekitarnya pun ikut kecipratan rezeki dari para pengunjung. ๐Ÿ™‚ kake bodo-94

ย 

Masjid ini juga jadi salah satu spot fotografi dan tempat mejeng yang lumayan tenar lho di Pandaan. Selalu saja ada pengunjung yang asyik bergaya di depan masjid, kalau aku termasuk nggak ya??ย  ๐Ÿ˜› ย Yah ..jangan salahkan kami-kami yang tergoda dengan keindahan arsitektur masjid Cheng Ho karena memang masjid ini unik dan cantik.

So โ€ฆ jangan lupa mampir ke Masjid Cheng Ho saat traveling atau berkunjung ke Jawa Timur ya. Sambil shalat dan memakmurkan rumah Allah bisa sekalian menikmati keunikan Masjid Cheng Ho. Happy traveling. ๐Ÿ™‚

kakekbodo-110

Advertisements

17 thoughts on “Ngaso di Masjid Cheng Ho, Pandaan

  1. saya sering mendengar keelokan masjid tersebut dari temen-temen yang tinggal di Surabaya, tapi sepanjang pengetahuan saya masjid Laksamana Cheng ho sering di pakai untuk masjid-masjid etnis tionghoa. di Samarinda juga ada.

    Like

    • ya karena yang membuat adalah persatuan mualaf dari etnis China pak (kalau di Jawa Timur sih). di masjid ini semua boleh shalat kok, nggak ada perbedaan seperti masjid2 lainnya aja ๐Ÿ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s