One Day Trip: Ngebolang ke Agrowisata Bhakti Alam

Saturday!! The most wonderful day of the week. Saatnya kita ngebolang, nyengir bahagia. πŸ™‚ Masih dalam rangka menerapkan tips traveling irit gagasan sendiri, heheh….Sabtu lalu kami sekeluarga mengunjungi sebuah Agrowisata yang terletak dikota Pasuruan. Meskipun Agrowisata ini namanya kalah tenar dengan banyak tempat wisata di kota Malang, toh tidak menyurutkan semangat kami melangkah kesana. πŸ™‚

nongkojajar-87Untuk menghindari kemacetan yang bisasa terjadi di daerah Porong dan sekitarnya, pukul 06.30 kami sudah cabut dari rumah. Perjalanan menuju Agrowisata Bhakti Alam ditempuh kurang lebih dua jam dari Sidoarjo. Bila berangkat dari Surabaya, ambil saja jalan menuju Malang, kemudian berbelok kearah Probolinggo. Hari itu kami memilih lewat daerah Nongkojajar yang juga biasa digunakan para traveler untuk mencapai Gunung Bromo. Mungkin karena masih pagi, jalanan sangat sepi, udara pun segar sekali, so kami matikan AC mobil dan membuka jendela mobil lebar-lebar. Hirup O2 dalam-dalam yuk, biar sehat. πŸ™‚

nongkojajar-12Dua setengah jam kemudian (pake nyasar dulu soalnya hehehe) sampailah kami ke Agrowisata Bhakti Alam. Tepatnya, Agrowisata Bhakti Alam terletak di desa Ngambal, Kecamatan Tutur (Nongkojajar), Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Wisata Bhakti Alam dibangun dilahan seluas 60 hektare dengan konsep integrated farm, berdiri di atas lahan sekitar 60 hektar. Terdapat 20 spesies dan 70 koleksi spesies tanaman, termasuk di dalamnya tanaman langka Indonesia seperti Buni, Gowok, Kepundung dan Mundu. Bahkan juga ada spesies dari luar negeri seperti The White Sapo, The Black Sapo (keluarga sawo-sawoan yang berasal dari California), baru tau di California ada sawo hehehe. Sebagai integrated farm, pihak pengelola juga mengembangkan lahan pembibitan tanaman serta pengelolahan hasil tanaman, seperti kripik dari berbagai buah-buahan serta minuman hasil kebun seperti jus jeruk, alpukat, melon dan jambu yang bisa dinikmati pengunjung sebagai tester. Β Sayangnya pengunjung nggak bisa metik sendiri buahnya karena sudah dipetikkan langsung oleh pihak pengelola. Aku udah kadung janji sama Nadia bakalan metik buah disana, untunglah Nadia nggak ngambek dan tetep sumringah sepanjang perjalanan. πŸ™‚ nongkojajar-42

nongkojajar-22

nongkojajar-28

buah naga, pas banget mau Imlek panen πŸ™‚

nongkojajar-94

tuh kan bener..masih kecil bgt duriannya πŸ˜›

Karena Agorwisata ini sangat luas, disediakan kereta khusus untuk pengunjung supaya bisa mengelilingi seluruh kebun. Di setiap kebun yang sudah siap paneh, kereta akan berhenti jadi pengunjung bisa incip-incip buah segarnya, beli juga boleh lho. Selain menikmati hijaunya pepohonan nan rindang, di Agrowisata Bhakti Bumi juga ada peternakan sapi, hasilnya tentu saja dijual juga disini dalam bentuk kemasan siap minum. Kalau pengen menikmati pemandangan hijau ini lebih lama boleh juga bermalam disini, ada cottage yang siap disewa kapan saja, letaknya nggak jauh dari taman bunga. πŸ˜‰ Untuk informasi caffe yang juga ada disana terpaksa nggak bisa kuberikan karena kami nggak makan disana, udah kebanyakan makan buah soalnya hehehe. πŸ˜‰

Oya sampe lupa, tiket masuk Agrowisata Bhakti Alam, Rp. 30.000, lumayan juga kalau sepaket (baca: sekeluarga 4-5 orang), tapi insyaallah worth spending for deh. Kapan lagi coba bisa merasakan udara segar sambil menikmati buah-buahan segar. Badan sehat, hati pun bahagia. Itulah indahnya traveling, menghapus segala penat setelah seminggu bekerja. So…Happy traveling. πŸ™‚

nongkojajar-82

Advertisements

27 thoughts on “One Day Trip: Ngebolang ke Agrowisata Bhakti Alam

  1. udah panen durian, belum? soalnya saya nunggu ‘jatah’ juga dari sana :p

    asyik ya Mak ^^ saya pengen ke sana tapi takut sama jalannya … katanya agak serem, berkelok2 sedangkan saya takut liat jurang >.<

    Like

  2. Pingback: Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan, Tempat Wisata Edukasi di Jawa Timur - Kutayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s