Taman Safari II Prigen, Jawa Timur

Udah tahu belum kalau Taman Safari itu nggak cuma ada di Cisarua Bogor?? Nggak tau?? Ckckk….. terlalu 😛 Kebun Binatang yang cukup terkenal ini ternyata ada tiga lho, Taman safari I terlerak di Cisarua Bogor, Taman Safari II terletak di daerah Prigen, Jawa Timur, sedangkan Taman Safari III, yang juga terbaru, ada di Bali. Sebenernya sudah beberapa kali kami mengunjungi lokasi ini karena Nadia selalu excited dengan dunia satwa dan lokasinya pun nggak terlalu jauh juga dari rumah hehehe. 😉

tamansafari_mapDimana sih tepatnya lokasi Taman Safari II ini? Mudah sekali menemukan Taman safari II, tinggal ikuti saja jalan Surabaya-Malang dengan rute biasanya. Setelah kota Pandaan di sisi kanan jalan akan terlihat sebuah gerbang berbentuk 2 Gading Raksasa. Bila ditempuh dari arah sebaliknya, Malang-Surabaya, setelah melewati pertigaan Purwosari akan menemukan gerbang 2 gading raksasa di sebelah kiri. Setelah memasuki gerbang tadi ikuti saja jalannya hingga kurang lebih 8 km.

Seperti biasanya sebelum memasuki gerbang utama, ada petugas yang siap menghitung jumlah penumpang dalam mobil sembari memberikan tiket masuknya. Biaya tiket masuknya Rp. 65.000,- tapi itu belum termasuk wahana permainan dan waterworld yang ada di dalam lho ya, kalau mau yang full service silakan bayar tiket terusan  Rp. 99.000. Biasanya bila berkunjung kemari, kami memilih berangkat pagi sekali jadi puas mengeksplor seisi Taman Safari dan pulang pas jam tutupnya, mengingat lokasinya yang sangat luas.red parrot

Seperti Taman Safari I, disini kita juga akan menemui satwa yang bebas berkeliaran dijalanan. Ada berbagai macam satwa langka yang cantik-cantik disini, boleh berhenti sebentar untuk ambil foto, tapi jangan buka jendela terlalu lebar ya, apalagi saat melintasi daerah kucing-kucing besar heheh. Katanya sih Taman Safari Indonesia termasuk salah satu lembaga konservasi paling berhasil di Asia bagi kelestarian satwa-satwa langka lho, hebat ya. Mungkin bener sih mereka hidup bahagia disini, terlihat kok dari fisik mereka yang gagah dan sehat, seneng deh lihatnya. 🙂

IMG_0773taman safari animals

Setelah menyelesaikan etape pertama 😛 mobil bisa ditinggalkan di area parkir, kita mulai jalan kaki yah biar sehat. 🙂 Memasuki etape kedua akan banyak ditemui wahana permainan yang lengkap, buat yang bwa anak-anak, siap-siap aja deh, dijamin mereka akan mencoba semua wahana satu per satu tanpa ada jejak kelelahan sedikitpun (*lap keringet). Oya ada juga satwa tunggangan yang bisa dicoba, seperti gajah, unta, dan kuda. Bayar lagi nggak? Ya iyaaa laaahhh….. 😛

at baby zooDari semua wahana yang ada di Taman Safari II, aku jatuh cinta sama Baby Zoo. 😉 Di area ini kita akan bertemu berbagai macam bayi satwa langka dari 5 benua. Ada puluhan wajah imut satwa exotis dunia seperti kanguru, singa Africa, harimau Benggala, bekantan, marmoset, simpanse, bahkan kita bisa menyentuh dan menggendong anak-anak satwa langka tersebut, gemesss bangeett. Dari semua bayi lucu-lucu itu, ada satu yang sejak bayi nggak ada lucu-lucunya blas… bayi ular..hhiiiii……. Merinding disko deh liat beberapa pengunjung mengelus bahkan melingkarkan ular Phyton ke leher mereka.

Oya.. saat memasuki Taman Safari petugas akan membekali kita dengan peta lokasi, jangan dibuang ya penting banget tuh. Kalau nggak sanggup keliling kita bisa kok memilih tempat-tempat yang menurut kita menarik. Boleh juga nonton animal show yang ada di setiap jam, tinggal pilih aja mau nonton animal show yang mana. Kalau yang ini sih gretooongg hehehe 😛 (*edisi emak pelit). Khusus untuk show edukasi harimau di Taman Safari diadakan kerja sama dengan alah satu kebun binatang yang ada di Australia. Show Dolpin dilatih langsung oleh John Valentine dari kebun binatang San Diego, California yang juga melatih Keiko di Film Free Willy. Dolphin Show ini keren banget lho, jangankan anak-anak, emak-emak pun doyan hehehe. Animal show lain yang recommended adalah Elephant show. Kebetulan aku masih simpen nih jadwalnya, moga-moga bermanfaat buat yang ingin jalan ke Taman safari II, Prigen 🙂

Education Show Gajah Asia                           (11:00WIB)
Education Show Dolpin Asia                         (13:00WIB)
Education Show Orangutan Asia                   (14:00WIB)
Education Show Harimau  Asia                     (15:00WIB)
Education Show Burung pemangsa                (13 : 00 WIB)

Masih belum puas main? Hayuk mampir ke Waterworld nya 😉 Ini adalah area waterpark seluas 3,5 hektar dengan 4 wahana air. Ada giant water slide yang panjangnya  4 meter engan kecepatan 50 km/jam, atau yang mau nyantai kaya di pantai 😛 boleh coba mengapung di kolam arus lazy river, menembus Crocodile Cave penuh arwana dan buaya. Terutama anak cowok bakalan betah disini, karena tema waterpark ini adalah Pirate Pool, langsung kebayang Jake and the Neverland Pirate deh pasti 😛

Udah mulai laper dong jalan seharian? Di Taman safari ada banyak restoran yang bisa dipilih, rasanya boleh juga dan harganya ya… lumayan lah heheeh…. Ada restaurant Gading dan Captain Kroc’s yang menyediakan menu masakan Indonesia. Kalau mau coba yang rada beda, makan siang ditemani 3 harimau putih, boleh melipir ke Tiger Café restaurant. Kalau mau ngirit si sebenernya boleh lo bawa makanan sendiri, seperti saya waktu itu juga bawa bekal sendiri. 😉 Hal penting yang harus diingat saat berkunjung ke Taman Safari adalah membawa air minum yang cukup. Selain rutenya yang panjang, air mineral yang dijual di objek wisata harganya berlipat-lipat dari harga normal. Daripada duitnya abis buat beli air mendingan nyemplung sekalian di waterworld ya to. 😉

Semoga postingan ini bikin ngiler dan mupeng terus segera merencanakan liburan

ke Jawa Timur deh hehehe…. Butuh local guide? Tenang…. Ada momtraveler yang siap diajak ngebolang hehehe…. Happy traveling. 🙂

Advertisements

33 thoughts on “Taman Safari II Prigen, Jawa Timur

  1. saya kalau pulang ke malang sering lewat itu. sayangnya gak pernah mampir sekarang. Taman Safari II itu sekarang kondisinya kayak gimana ya? Seneng juga laporan dari sampeyan ini, pengen kesana lagi kalau punya waktu

    Like

  2. 99ribu itu puas banget ya mbak Muna? Aih keren ya. Eh di Makassar dulu, jaman saya kecil ada juga Taman Safari. tapi isinya patung2 binatang doang. Hehehe … soale itu nama restoran, bukan taman safari beneran, tapi saya dan adik2 senang sekali kalo diajak jalan2 ke sana. Sudah terkagum2 saja liat patung gajah yang tinggi besar dan patung2 lain 😀

    Like

  3. kemarin ke Malang bolak balik lewat Pasuruan ga mampir ke sini hiks…jadwalnya padet soalnya haha *gaya* next time kudu mampir nih, hafizh suka banget hewab-hewan

    Like

  4. Numpang tny nich barang kalu ada yg tau,dsana itu dkt2 taman safari ada gk ya vila ato rmh yg disewakan soalnya bsk minggu saya antar turis dri hindia mau ksna sekeluarga tp mslhnya dia ajak ibunya yg lg kena stroke katanya bsk ibunya biar nunggu di vila ato rmh trsbt.
    Trs org ini beragama hindu kebiasaannya itu makan makanan vegetarian ada gk resto disana yg menyediakan menu vege?
    Trs kl wisatawan asing ada berbedaan harga tiketnya ndk?
    Sory kl bnyk prtnyaan maklum bth bnyk refrensi nich skalian mengenalkan indonesia ke luar negeri….:-)

    Like

    • Kl disekitar Taman Safarinya sya kurang tau..tapi nggak jauh dr Prigen ada daerah Tretes..itu banyak vila dan rumah sewa. Lokasinya nggak jauh kok dr taman safari .resto jg banyak cuma kalo khusud menu vegetarian sepertinya nggak ada. Mungkin busa order menu sayuran saja.
      Tidak ada perbedaan tiket utk turis asing yg beda cuma anak2 saja. Saran saya ambil tiket terusan.
      Enjoy your visit 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s