Sekolah Malam

Akhir bulan lalu ada kegiatan seru di sekolah Nadia. Acara ini sudah di tunggu-tunggu Nadia sejak lama. Saking antusiasnya setiap hari Nadia tanya hari ini hari apa dan tanggal berapa sambil menghitung kurang berapa hari lagi acara yang ditunggunya akan datang. πŸ˜‰
Acara ini adalah kegiatan tahunan yang diadakan di KB-TKIT Nurul Fikri Sidoarjo, tempat Nadia bersekolah sekarang.

NF logoKB-TKIT Nurul Fikri menerapkan metode BCCT (beyond centers & circle) yang berasal dari Florida, Amerika Serikat. Metode ini menurut para pakar pendidikan anak diyakini mampu merangsang seluruh aspek kecerdasan anak (multiple intelligences) melalui bermaian yang terarah. Jadi pelajaran disampaikan bukan dengan konsep konvensional duduk manis sementara guru sibuk menjelaskan di depan. So yesterday itu mah. πŸ˜›
Kegiatan bermain sambil belajar ini juga menerapkan nilai-nilai agama melalui pendekatan sentra, seperti sentra bahan alam, sentra seni, sentra memasak, sentra ibadah, sentra rancang bangun, sentra main peran, sentra persiapan, dan sentra IT. Pada setiap putaran sentra, akan diambil sebuah tema untuk diperkenalkan kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan kreatif. Nah kebetulan sekali tema putaran bulan lalu adalah β€œAlamku.”

Dalam tiap sentra ustadzah kelas akan menjelaskan beberapa gejala alam, seperti bagaimana terjadinya siang dan malam, menjelaskan beberapa benda-benda alam, dan sebagainya. Nah puncak dari tema Alamku ini sekolah mengadakan acara Sekolah Malam. Kebayang nggak sih serunya anak usia TK sekolah di malam hari? Berkostum piama dan jalan-jalan keliling lingkungan sekolah sambil menikmati bintang gemintang dan temaramnya sinar rembulan. Malamnya mereka akan makan malam bersama, shalat isya berjamaah, lalu menginap di sekolah untuk anak TK B, sedangkan yang TK A pulang. Sseruuu binggiiiittt. πŸ˜‰

Persiapan yang Heboh!!
Kebetulan seminggu sebelum Sekolah Malam, Nadia kena flu dan asmanya sempat kumat. Nadia cemas dan sedih, takut nggak bisa ikutan acara yang sudah di tunggu-tunggunya. Nadia pengen sekali menginap di sekolah. Menurut Nadia anak TK B bukan lagi anak kecil tapi anak besar. πŸ˜› anak besar sudah berani tidur sendiri dan nggak nangis saat ditinggal mama heheh. Sebagai emak yang baik, Aku tetep menyemangatinya sambil terus memberi Nadia obat dan madu.

 

mejeng dulu sebelum berangkat ;)

mejeng dulu sebelum berangkat πŸ˜‰

Akhirnya hari H pun tiba, Nadia masih batuk dan pilek tapi tetep kekeuh ikut menginap di sekolah. Akhirnya ku ceritakan keadaan Nadia pada ustadzah kelas sambil menitipkannya. Kalau sewaktu-waktu Nadia kambuh asmanya, ustadzah akan langsung mengabariku.
Kami pun mulai menyiapkan barang yang harus di bawa sejak pagi. Ada bantal, selimut (bed cover), peralatan shalat, dan tempat minum bertali. Aku juga bawakan obat-obatan yang harus di minum Nadia malam itu. Nadia memilih piama kesayangan yang bergambar Hello Kity. Saat kutanya mau bawa boneka Hello Kity kesukaannya atau nggak dia bilang, β€œnggak usah, aku kan udah besar. Yang tidur sama boneka itu anak bayi.” Halaaahhh … padahal tiap malem dia bobo sama bonekanya lho heheeh… πŸ˜›

ternyata Hello Kitynya ga jadi dibawa ;)

ternyata Hello Kitynya ga jadi dibawa πŸ˜‰

Serunya Sekolah Malam
Selepas adzan Ashar aku bertanya apakah Nadia masih tetap ingin ke sekolah sedangkan batuknya masih cukup sering. Tetep kekeuh rupanya. πŸ™‚ Baiklah.. kuantar juga Nadia sampai ke sekolah. Dengan bawaan lengkap kami meluncur ke sekolah. Sesampainya di pintu gerbang beberapa ustadzah sudah siap menyambut kedatangan anak-anak. πŸ™‚
Ada yang bawa selimut, bantal, guling, boneka, wuuiiihh heboh luar binasa heheh. Nadia pun langsung bergabung dengan teman-temannya. Sebelum pulang kutitipkan lagi Nadia pada ustadzah, jujur aku rada kuatir melepas Nadia.

Aku takut asmanya kambuh. Nggak semua orang terbiasa menangani serangan asma. Bismillah .. semoga anakku baik-baik.
Malam itu entah berapa kali aku sms ustadzah menanyakan keadaan Nadia. Meskipun ustadzah selalu update keadaan Nadia dan mengabarkan Nadia sehat dan aktif bermain dengan teman-temannya tetap saja aku khawatir. Saat Nadia sedang asyik mengikuti kegiatan demi kegiatan dalam acara Sekolah Malam, si emak nggak bisa tidur memikirkan genduk tersayangnya yang lagi sesak nafas. 😦

Malam pun berlalu meskipun aku nggak bisa tidur nyenyak. Selepas shalat subuh ustadzah mengirimkan foto Nadia yang sedang asyik menikmati sarapan pagi bersama teman-temannya. Acara Sekolah Malam berakhir keesokan harinya pukul 06.00 WIB. Aku dan abang sudah menunggu Nadia di pintu gerbang sekolah. Alhamdhulilah Nadia baik-baik saja dan bisa tidur nyenyak semalam.

sarapan pagi

Sepanjang malam Nadia asyik ngobrol dan bermain dengan teman sekelasnya. Mereka bahkan baru tidur pukul 11.30 malam, saking hebohnya bermain. Alhamdhulilah meskipun batuk-batuk Nadia bisa tidur nyenyak. πŸ™‚ Dalam perjalanan dari sekolah menuju rumah Nadia nggak putus bercerita mengenai serunya kegiatan Sekolah Malam. Mereka shalat berjamaah, makan bersama, jalan-jalan dan melihat bulan dan bintang, juga asyiknya ngerumpi sama teman-teman heheh…

Kegiatan yang bermanfaat dan seru ya. Mengajarkan banyak secara langsung tanpa banyak teori sekaligus menanamkan kemandirian. Siapa yang nggak betah kalau sekolahnya asyik begini ya. Pantesan aja selalu semangat sekolah. πŸ˜‰

Advertisements

39 thoughts on “Sekolah Malam

  1. Kereen sekolahnya…di sini ada ga yaa hehe…

    Emang bener, metode konvensional sdh saatnya ditinggalkan, anak belajar langsung ga cuma diceritain aja suruh bayangin sendiri. Anak juga antusias dan serasa bermain2 aja ya padahal mereka sebenarnya juga belajar.

    Tambah pinter ya kakak nadia cantiikkk πŸ™‚

    Like

  2. kirain jadi dibawa bonekanya, hehe. mayan bisa dipeluk, mba πŸ˜€ aku juga punya asma, susah kalo harus pergi2 malem gitu. cuma memang harus dibiasakan dibiarkan menghadapi risiko. biar anaknya berani. dan tetap wajib bawa obat.

    Like

  3. Betul…. Princess Nadia memang sudah besar… sudah mandiri pula yaa… nah, si mama jangan khawatir lagi yaa… insya Allah genduk cantiknya ini akan sehat selalu.. Nitip sun sayang buat Nadia yaa…

    Like

  4. Wah sekolah malam seru juga ya…. Nadia sampe bela-belain berangkat meskipun batuk2 spt itu.
    Biasa ya Mak, kalo anak2 pergi ortu yang gelisah… hehehe. Aku dulu waktu shasa kemah pas SD, bolak-balik mikir shasa sedang apa ya sekarang? hehehe…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s